London (ANTARA News) - Indonesia mempunyai komitmen untuk terus memperkuat pilar-pilar demokrasi dengan menyediakan Bali Democracy Forum pada setiap bulan Desember sebagai wahana bagi negara di kawasan untuk membahas upaya memperkuat demokrasi di kawasan.

Hal itu disampaikan Dubes RI di Madrid, Yuli Mumpuni Widarso pada acara puncak peringatan HUT RI ke-71 yang diadakan di gedung Teater Rialto, Madrid, demikian keterangan KBRI Madrid dalam keterangan pers kepada Antara London, Kamis.

Puncak peringatan HUT RI dihadiri sekitar 1.200 undangan termasuk Sekjen Organisasi Turisme Dunia PBB Thaleb Rifai, Dubes negara sahabat, pejabat tinggi Pemerintah Spanyol, Kepala Staf Angkatan Bersenjata, anggota Parlemen, pengusaha, media, agen perjalanan, akademisi, dan alumi serta diaspora Indonesia dimeriahkan dengan Malam budaya Indonesia.

Disampaikan pula pada usia Indonesia ke-71 ini, hubungan RI - Spanyol memasuki usia ke-57 tahun, dimana kedua negara menjalin hubungan persahabatan dalam beragam bidang kerjasama, mulai dari investasi hingga olahraga lebih dari 50 tahun.

Disampaikan pula bahwa 71 tahun setelah proklamasi kemerdekaan, Indonesia menjadi negara demokrasi nomor tiga terbesar di dunia, dan Indonesia mempunyai komitmen untuk memperkuat pilar-pilar demokrasi dengan menyediakan Bali Democracy Forum yang diadakan setiap Desember .

Dubes mengatakan di bidang investasi industri penerbangan CASA Spanyol yang mendirikan perusahaan patungan dan memproduksi CN 235 di tahun 1976, saat ini perusahaan tersebut menjadi Airbus Indonesia yang tidak hanya memenuhi permintaan pasar Indonesia, tetapi juga pasar Asia Pasifik.

Investasi CASA ini diikuti Melia Hotels International yang membangun Hotel Melia Bali pada 1986

dan sekarang memiliki delapan hotel di berbagai kota.

Pada 2017 Melia Hotels International akan membuka 10 hotel baru di berbagai kota destinasi baru di Indonesia.

Sementara di bidang perdagangan, Dubes mengakui neraca perdagangan bilateral RI - Spanyol, meskipun surplus untuk Indonesia tetapi belum mencerminkan potensi kedua pihak. Diharapkan akan lebih banyak lagi produk Indonesia yang masuk ke pasar Spanyol.

Untuk itu Indonesia mengundang importir Spanyol dan internasional untuk meninjau Trade Expo Indonesia di Jakarta pada 12-16 Oktober mendatang.

Di bidang pertahanan dan militer, menyusul penandatanganan MoU tentang kerjasama bilateral di bidang pertahanan oleh Menteri Pertahanan kedua negara di Jakarta, kedua negara mendorong kalangan industri pertahanan kedua pihak untuk meningkatkan kerjasama.

Saat ini beberapa perusahaan industri pertahanan terkemuka Spanyol membuka kantor di Jakarta, seperti Airbus Defense & Space, Navantia, dan Indra. Untuk memfasilitasi kerjasama setiap tahun Pemerintah Indonesia mengadakan Indo-Defense Expo di Jakarta dan pada tahun 2016 akan dilaksanakan pada 2-5 November mendatang.

Disampaikan pula bahwa saat ini sedang dibangun kapal latih TNI AL di salah satu galangan kapal terkemuka Spanyol di kota Vigo.

Di bidang pendidikan tinggi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI dan Kementerian Luar Negeri RI setiap tahun menyediakan beasiswa bagi siswa Spanyol. KBRI Madrid akan mengadakan University Fair guna memperkenalkan program pendidikan tinggi di Indonesia pada Oktober mendatang.

Sementara itu di bidang olahraga, Dubes menyampaikan Indonesia dan Spanyol mempunyai kerjasama.Disebutkan atlit badminton Spanyol Carolina Marin yang meraih medali emas tunggal puteri di Olimpiade Rio de Janeiro dan dua atlit Indonesia meraih medali emas untuk ganda campuran, yang bersama sama membangun prestasi di pusat pelatihan yang sama di Jakarta.

Dubes mengundang kalangan perusahaan infrasruktur Spanyol untuk berpartisipasi dalam berbagai proyek pembangunan infrasrtuktur di Indonesia, seperti enerji terbarukan, infrastruktur transportasi dan pariwisata.

Pewarta: Zeynita Gibbons
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016