Jakarta (ANTARA News) - PT Pertamina (Persero) melalui Terminal BBM Bitung Sulawesi Utara bersama dengan Badan Lingkungan Hidup Kota Bitung menanam 500 bibit terumbu karang di Selat Lembeh oleh 200 relawan penyelam, baik penyelam lokal maupun international.

Penanaman itu dilakukan setelah PT Pertamina dan Badan Lingkungan Hidup Kota Bitung menjadi pemrakarsa kegiatan "Underwater Coral Plantation" sebagai rangkaian acara Festival Pesona Selat Lembeh.

Dalam siaran pers yang diterima di Jakarta, Sabtu, Vice President Corporate Social Responsibility (CSR) & Small Medium Entrepreneur and Partnership Program (SMEPP) PT Pertamina, Kuswandi, mengatakan, Sulawesi dianugerahi keindahan bawah laut yang sangat luar biasa dibandingkan daerah lain, khususnya Sulawesi Utara.

"Kita harus sama-sama melestarikan dan menjaganya, dan Pertamina berkomitmen untuk itu," kata Kuswandi.

Total 40.000 terumbu karang sudah di tanam oleh Pertamina di seluruh Indonesia selama 2016, di mana untuk Sulawesi sendiri sudah lebih dari 10.000 terumbu karang yg di transplantasi Pertamina sejak tahun 2013.

Sementara itu, Wali Kota Bitung Maximilian Jonas Lomban mengapresiasi kegiatan tersebut karena sudah sepatutnya perusahaan baik swasta maupun BUMN turut berpartisipasi menyelamatkan keanekaragaman hayati dibawah laut.

"Kegiatan yang dilakukan Pertamina ini menjadi pionir di Bitung dan kami harapkan yang lainnya mengikuti jejak Pertamina ini," tuturnya.

GM Marketing Operation Region VII Tengku Badarsyah berharap apa yang telah pihaknya tanam ini mampu dituai dikemudian hari dan kami harapkan masyarakat turut bersama menjaga dan merawatnya.

Kegiatan yang dimulai di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Kota Bitung ini secara resmi dibuka oleh Wali Kota Bitung, Maximilian Jonas Lomban.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Vice President CSR & SMEPP Pertamina, Kuswandi dan GM Marketing Operation Region VII, Tengku Badarsyah yang keduanya turut menyelam untuk menanam terumbu karang bersama relawan lainnya.

Kegiatan Festival Pesona Selat Lembeh ini sendiri merupakan kegiatan tahunan sebagai bentuk rasa syukur terhadap kekayaan laut Bitung yang melimpah.

Pewarta: Benardy Ferdiansyah
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2016