Jakarta (ANTARA News) - Bursa Efek Indonesia (BEI) menggandeng Asosiasi Perusahaan Efek Indonesia (APEI) dan Asosiasi Pengelola Reksa Dana Indonesia (APRDI) mendukung Peraturan Presiden Republik Indonesia (Perpres) Nomor 82 Tahun 2016 tentang Strategi Nasional Keuangan Inklusif (SNKI)

"Pada 1 September 2016 telah dikeluarkan Perpres SNKI. Untuk mendukung implementasi Perpres itu, BEI bersama dengan APEI dan APRDI akan menyelenggarakan Pameran Investival," papar Kepala Komunikasi Perusahaan BEI Yulianto Aji Sadono dalam siaran pers di Jakarta, Minggu.

Ia mengemukakan bahwa penyelenggaraan Pameran Investival itu akan dilakukan di Jakarta, Surabaya, Bandung, Banda Aceh, Padang, Jambi, Palembang, Medan, Riau, Lampung, Batam, Yogyakarta, Semarang, Denpasar, Pontianak, Banjarmasin, Balikpapan, Manado, Makassar, Kendari, dan Jayapura.

"Selama bulan Oktober 2016 seluruh Industri Jasa Keuangan termasuk Pasar Modal dengan didukung oleh OJK berkomitmen untuk bersama-sama mendorong peningkatan inklusi keuangan masyarakat melalui berbagai aktivitas literasi dan inklusi keuangan kepada seluruh masyarakat Indonesia," katanya.

Ia mengemukakan bahwa Investival merupakan pameran investasi di pasar modal yang diselenggarakan dengan konsep pendidikan, hinuran, dan "expo".

"Pengunjung akan mendapatkan informasi untuk menjadi seorang investor di pasar modal, mulai dari produk, mekanisme, dan informasi lainnya, serta dapat langsung menjadi investor untuk dapat membeli saham atau reksa dana selama pameran tersebut," paparnya.

Melalui SNKI itu, lanjut dia, pemerintah bersama-sama Kementerian dan Lembaga terkait telah sepakat untuk mendorong upaya peningkatan inklusi (akses) masyarakat ke sektor jasa keuangan dengan target sebesar 75 persen pada akhir tahun 2019.

Pewarta: Zubi Mahrofi
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2016