Jakarta (ANTARA News) - Wakil Ketua MPR, EE Mangindaan, mengatakan, Sulawesi Utara yang berhadapan dengan kawasan Pasifik, harus diberdayakan untuk menghadapi Abad Pasifik.

“Saya mempunyai keinginan agar Manado dan Bitung dijadikan gateway, pelabuhan internasional, dalam menyongsong era Abad Pasifik. Karena provinsi ini di bibir Pasifik," katanya, dalam seminar di Universitas Sam Ratulangi, Manado, Rabu.

Mangindaan, dalam keterangan tertulisnya, mengatakan konsep pembangunan Sulawesi Utara menghadapi Abad Pasifik bisa diajukan ke Presiden Joko WIdodo karena Manado-Bitung merupakan kawasan yang akan dikembangkan sebagai kawasan ekonomi.

Ia mengungkapkan, bila konsep ini sukses dijadikan pelabuhan internasional maka pelabuhan itu akan mampu menggeser pelabuhan di Singapura.

Mangindaan mengatakan bahwa kesiapan menghadapi Abad Pasifik sudah dipikirkan oleh pahlawan nasional Sam Ratulangi yang juga gubernur pertama Sulawesi Utara.

"Ternyata pikiran Sam Ratulangi yang sudah dinyatakan sejak dulu benar adanya, saat ini kita akan menghadapi Abad Pasifik. Sam Ratulangi seorang visioner," kata dia.

Dihadapan akademisi dan mahasiswa yang mengikuti seminar itu, Mangindaan mengatakan sudah mendengar para akademisi di universitas dan provinsi tersebut menulis tentang Pasifik.

“Dari tulisan itu perlu dicari mana leading sector yang perlu dikembangkan. Mari kita kembangkan. Konsep yang ada harus diimplementasikan," tambahnya.

Pewarta: Try Essra
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2016