Semarang (ANTARA News) - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo berolah raga naik sepeda atau "gowes" keliling Kota Semarang, Minggu, sambil menandai dengan cat semprot putih jalan berlubang yang dilewati

Aksi turun langsung ke jalan orang nomor satu di Provinsi Jateng itu dimulai dari rumah dinas Gubernur Jateng dengan mengambil rute di sejumlah ruas jalan.

Ganjar beberapa kali menghentikan sepedanya saat melihat jalan berlubang di Jalan S. Parman, Tegalsari, Sriwijaya, dan di depan Pasar Peterongan Semarang.

Begitu turun dari sepedanya, mantan anggota DPR itu mengambil cat semprot yang dibawa di saku belakang kemudian menyemprotkan di sekitar jalan yang berlubang agar bisa diketahui pengguna jalan yang melintas.

Penandaan jalan berlubang dengan cat semprot juga dilakukan di sepanjang rute yang dilalui Ganjar beserta rombongan yakni Jalan M.T Haryono, Brigjen Sudiarto, Majapahit, Arteri Soekarno Hatta, Citarum, hingga Arteri Yos Sudarso, Pamularsih, dan Jalan Kaligarang.

Saat berada di perempatan Jalan Ronggowarsito, Ganjar berhenti cukup lama untuk melihat sebuah truk trailer yang mogok dengan posisi melintang karena sumbu rodanya patah.

Ganjar kemudian menemui awak truk yang mengaku sudah mogok sejak pukul 03.00 WIB dan setelah dicek ternyata penyebab patahnya sumbu roda truk itu akibat kelebihan muatan.

Ditemui di sela beristirahat, Ganjar mengatakan bahwa masih banyak ditemui jalan berlubang di Kota Semarang yang merupakan ibu kota Provinsi Jateng.

"Sampai tidak bisa ngitung tadi saking banyaknya jalan berlubang. Ini masih di kota, belum yang di daerah seperti apa," katanya.

Ganjar merasa harus ikut terjun langsung ke lapangan untuk memacu kinerja petugas agar perbaikan jalan rusak tidak ditunda, sekaligus untuk mengapresiasi warga di beberapa daerah yang dengan kesadaran pribadi turut menjaga serta memperbaiki jalan di lingkungan masing-masing.

Menurut dia, setelah ditandai dengan cat semprot lubang-lubang di sejumlah ruas jalan itu akan segera dilakukan penambalan, meskipun bersifat sementara sambil menunggu perbaikan permanen yang menggunakan anggaran APBD 2017.

"Lelang pekerjaan perbaikan jalan saat ini baru berproses, jadi untuk sementara (jalan berlubang) ditambal dulu," ujarnya.

Pewarta: Wisnu Adhi N
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2017