Boston (ANTARA News) - Pelari Kenya Geoffrey Kirui dan Edna Kiplagat menyapu bersih Boston Marathon dengan memenangi nomor putra dan putri pada Senin waktu setempat, dengan tetap tampil dominan dalam lomba lari yang diwarnai medan berbukit.

Kirui mencapai finis dalam waktu dua jam sembilan menit dan 37 detik setelah menyingkirkan penantang asal AS Galen Rupp dalam final di Boylston Street.

Kirui sempat mendapat tantangan dari Rupp dalam beberapa mil, namun peraih medali perunggu Olimpiade asal AS itu tidak mampu mengimbangi langkah pelari Kenya tersebut.

Sementara itu Kiplagat, yang pernah memenangi lari marathon di London, Moscow, New York dan Daegu, berlari sendirian pada beberapa mil terakhir tanpa saingan selama final dan mengakhiri penampilannya dalam waktu 2:21:52, hampir satu menit unggul atas pelari Bahrain Rose Chelimo.

Atlet Kenya itu tetap unggul jauh meskipun dia harus berhenti pada mil-mil akhir ketika dia menyadari bahwa dia telah salah mengambil botol air pesaing dia dari stasiun tambahan dan dia balik mengembalikan botol itu.

"Saya harus mengembalikan karena itu bukan milik saya," kata Kiplagat seperti dikutip Reuters.

"Saya khawatir karena anda tahu jika anda salah air itu bisa berakibat bagi anda," tambahnya.

Sementara itu pelari AS Jordan Hasay berada di posisi ketiga untuk putri dengan waktu 2:23:00, dan pelari Jepang Suguru Osako di urutan ketiga untuk nomor putra.

(Uu.A020) 

Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2017