Brussel (ANTARA News) - Presiden Dewan Eropa Donald Tusk, Kamis waktu setempat, menyampaikan permohonan pribadi kepada Presiden Amerika Serikat Donald Trump untuk tidak menarik partisipasi Washington dalam kesepakatan iklim Paris.

Tusk mengingatkan Trump di Twitter untuk tidak mengambil langkah tersebut saat dia bersiap menjadi tuan rumah KTT Uni Eropa-Tiongkok pada Jumat yang dirancang untuk mendiskusikan beberapa langkah jika AS menarik diri dari pakta bersejarah pada 2015 tersebut.

"@realDonaldTrump tolong jangan ubah iklim (politik) menjadi lebih buruk," ujar Tusk setelah Trump menulis tweet bahwa dia akan membuat keputusan akhirnya pada 1900 GMT (pukul 19.00).

Tusk akan bergabung dengan Jean-Claude Juncker, presiden eksekutif Komisi Eropa, saat menemui Perdana Menteri Tiongkok Li Keqiang di KTT pada Jumat.

Li berjanji untuk "tetap" mengimplementasikan pakta Paris saat dia menggelar perundingan dengan Kanselir Jerman Angela Merkel sebelum menggelar perundingan informal di Brussel pada Kamis malam.

Pemimpin Uni Eropa dan Tiongkok akan mendukung penuh penerapan semua aspek kesepakatan Paris, terlepas dari partisipasi AS, menurut rancangan pernyataan yang diperkirakan akan dipublikasikan pada Jumat.

AS merupakan produsen karbon terbesar kedua di dunia, setelah Tiongkok, demikian AFP.

(Baca: Trump umumkan AS akan keluar dari Perjanjian Paris)

Penerjemah: Monalisa
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2017