Medan (ANTARA News) - Pegulat binaan Pusat Pendidikan dan Latihan Pelajar (PPLP) Sumatera Utara, Ilham Maulana, mengaku tetap semangat berlatih meski sedang menjalani ibadah puasa di bulan suci Ramadhan saat ini.

Ilham yang ditemui saat berlatih di PPLP, di Medan, Senin, mengatakan bulan puasa bukan merupakan halangan baginya untuk berlatih. Justru puasa itu menambah semangat bagi dirinya untuk terus berpacu meningkatkan kemampuannya.

"Puasa bagi saya bukanlah suatu halangan untuk terus berlatih ya bang. Malah, saya sangat terpacu untuk terus berlatih dan berlatih," katanya.

Bahkan diakui siswa kelas XI SMK Mulia ini, berlatih di bulan Ramadhan efeknya sangat baik baginya.

Meski harus menahan haus dan lapar selama lebih dari 13 jam, Ilham tetap merasa bugar dan tidak berpengaruh sedikitpun bagi fisiknya selama latihan.

"Selama puasa saya gak ngerasa capek. Justru tubuh ini terasa lebih ringan. Makanya, ini yang menambah saya lebih bersemangat," katanya.

Selain rutin menjalani latihan di bawah asuhan pelatih Mangasi Simangunsong, Anggi Muda Siregar dan Darwin Sibarani, pegulat asal Medan ini juga tidak meninggalkan aktivitas salat tarawih dan tadarus bersama rekan sesama atlet yang beragama muslim.

Karena makna Ramadhan baginya adalah bulan penuh keberkahan serta momentum untuk meningkatkan amal ibadah kepada Tuhan Yang Maha Esa.

"Insya Allah sampai saat ini puasa tidak ada yang tinggal. Selesai tarawih, kita juga sering tadarus bersama. Habis itu baru apel," katanya.

Lebih lanjut ia mengatakan latihan keras menjadi keharusan baginya, terutama untuk berlaga di even nasional, seperti kejurnas antar PPLP pada Agustus, serta Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) di Jawa Tengah pada September mendatang.

"Kemungkinan kami akan ikut dulu di kejurda piala Gubsu dan Walikota Cup Tanjungbalai. Jadi, butuh persiapan yang panjang karena sudah banyak even yang menanti," katanya.***4***

(T.KR-JRD/B/D011/D011) 05-06-2017 17:15:20

Pewarta: Juraidi
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2017