... UKP PIP akan memberi warna baru pada penguatan pemahaman nilai-nilai luhur Pancasila."
Jakarta (ANTARA News) - Ketua DPR RI Setya Novanto (Setnov) optimistis Unit Kerja Presiden Pembinaan Ideologi Pancasila (UKP PIP) dapat bekerja baik dan efektif karena diisi oleh tokoh-tokoh yang kompeten dan mumpuni.

"UKP PIP diisi oleh orang-orang yang berkompeten dan selama ini telah menunjukkan kiprahnya dalam pengembangan dan pelestarian ideologi Pancasila," catatnya dalam pernyataan tertulis di Jakarta, Rabu.

Setya Novanto mengatakan hal itu menanggapi pelantikan Dewan Pengarah dan Kepala UKP PIP oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) hari ini di Istana Negara.

Presiden kelima RI Megawati Soekarnoputri menjadi Ketua Dewan Pengarah UKP PIP, didampingi anggota Try Sutrisno, KH Maruf Amin, Mahfud MD, Prof Dr Syafii Maarif, KH Said Aqil Siradj, Prof Dr Andreas Anangguru Yewangoe, Wisnu Bawa Tenaya dan Sudhamek.

"Saya menyambut baik UKP PIP sebagai wadah yang menopang kekuatanstrategis upaya pelestarian nilai-nilai Pancasila sebagai filosofi dan dasar negara," catat Setnov.

Ia menilai saat ini sudah saatnya visi dan misi kebangsaan dan kenegaraan dikuatkan dengan pelembagaan nilai-nilai luhur Pancasila.

Ketua Umum DPP Partai Golkar itu optimistis bahwa UKP PIP dapat bekerja dengan cepat, tepat, dan efektif, untuk melestarikan nilai-nilai Pancasila.

"Kondisi bangsa Indonesia saat ini yang diwarnai potensi perpecahan dan ancaman ideologi lainnya, selain Pancasila, maka keberadaan UKP PIP akan memberi warna baru pada penguatan pemahaman nilai-nilai luhur Pancasila," katanya.

Ia juga menyambut baik keberadaan Presiden kelima RI Megawati Soekarnoputri sebagai Ketua Dewan Pengarah UKP PIP.

"Figur Megawati sangat representatif untuk menggelorakan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Megawati adalah ketua umum partai politik besar, putri proklamator kemerdekaan Republik Indonesia, dan pernah menjadi Presiden," katanya.

Oleh karena itu, ia mengemukakan, Soekarno sebagai penggali Pancasila terus mengalirkan pemahaman Pancasila kepada seluruh rakyat Indonesia, terutama kepada putra dan putrinya.

"Melalui Megawati Soekarno putri sebagai Ketua Dewan Pengarah UKP PIP, maka nilai-nilai luhur Pancasila akan terus disosialisasikan kepada seluruh rakyat Indonesia," demikian Setya Novanto.

Pewarta: Riza Harahap
Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2017