Jakarta (ANTARA News) - Utusan khusus Australia untuk OKI Ahmed Fohour mengajak agar semua pihak menghentikan radikalisme serta melawan Islamophobia.

"Kita tidak hanya ingin menghentikan radikalisme dan ekstremisme tapi juga kita melawan Islamophobia karena semua Muslim adalah orang yang cinta damai," kata Ahmed Fohour usai bertemu Wapres RI Jusuf Kalla di kantor Wapres di Jakarta, Rabu.

Menurut dia, semua punya tanggung jawab untuk menghentikan anak-anak kita menjadi radikal, dan dimulai dari rumah serta keluarga.

"Kami sangat mendukung negara-negara OKI menangkal radikalisme, ini inisiatif yang sangat penting bukan hanya bagi pemerintah tapi juga bagi seluruh muslim," kata Ahmed Fohour.

Dia menyatakan bahwa pemerintah punya upaya sendiri dan umat muslim juga punya cara sendiri untuk menangkalnya.

Di beberapa negara-negara Islam saat ini tengah menghadapi gejolak dan perang antar sesama, di samping itu aksi-aksi terorisme juga masih muncul disejumlah negara sehingga memicu terjadinya islamophobia.

Utusan khusus Australia untuk OKI tersebut bertemu dengan Wapres Kalla untuk berdiskusi tentang perkembangan Islam di dua negara dan negara-negara OKI lainnya.

Dalam diskusi tersebut juga sempat dibicarakan tentang rencana pembangunan Universitas Islam Internasional Indonesia yang akan dibangun pemerintah Indonesia pada tahun ini.

UIII menurut Ahmed Fohour merupakan sebuah rencana yang visioner dan diharapkan dengan didirikannya universitas tersebut manfaatnya bukan hanya dirasakan oleh Indonesia tapi bagi muslim di seluruh dunia.

Pewarta: Desi Purnamawati
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2017