Nunukan (Antara) - Badan SAR Nasional Kaltim-Kaltara menyatakan, speedboat "Rezeki Baru" sempat oleng ketika motoris membanting kemudi ke kanan sebelum speedboad terbalik dan tenggelam di perairan Kota Tarakan, Kalimantan Utara, pada Selasa sekitar pukul 10.00 WITA.

Kepala Seksi Operasi Basarnas Kaltim-Kaltara, Octavianto, melalui pesan singkatnya dari Balikpapan, menyebutkan, setelah motiris mengembalikan kemudi ke kiri, speedboat langsung terbalik akhirnya tenggelam di perairan sekitar 1 km dari Pelabuhan Tengkayu Kota Tarakan.

Pada saat terjadi kecelakaan itu, suasana di Pelabuhan Tengkayu menjadi gaduh menyaksikan kecelakaan speedboat ini.

Penumpang selamat yang langsung dievakuasi ke Pelabuhan Tengkayu bernama Aga dan Jhon mengutarakan bahwa kecelakaan itu terjadi sekitar 10 menit setelah speedboat meninggalkan Pelabuhan Tengkayu.

"Tiba-tiba motoris membanting kemudi ke kanan sudah oleng. Ketika kemudi dikembalikan ke kiri speedboat langsung terbalik dan tenggelam," ujar keduanya.

Jumlah penumpang diperkirakan sebanyak 48 orang. Tim SAR yang terdiri dari Basarnas, kepolisian, TNI AL, Syahbandar dan masyarakat langsung berupaya menyelamatkan penumpang yang masih di dalam speedboat.

Puluhan penumpang tersebut tidak dapat keluar menyelamatkan diri karena speedboat penuh dengan air laut.

Pewarta: M Rusman
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2017