Palu, Sulawesi Tengah (ANTARA News) - Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Yohana Yembise, berharap Sulawesi Tengah menjadi salah satu provinsi layak anak di Indonesia.

"Malam ini, Minggu (30/7) saya akan mencanangkan kota layak anak untuk Provinsi Sulawesi Tengah," katanya, saat menjawab pertanyaan wartawan setelah menghadiri peringatan Puncak Hari Anak Nasional 2017, di Halaman Masjid Agung Darusslam, Palu, Minggu sore.

Yembise akan mencanangkan 12 kabupaten dan 1 kota se-Sulawesi Tengah sebagai kota layak anak untuk menuju provinsi layak anak.

Ia berharap dengan pencanangan itu beberapa persyaratan untuk menjadi kota dan provinsi layak anak dapat diperhatikan dan dipacu oleh gubernur, bupati dan wali kota di daerah.

(Baca juga: http://www.antaranews.com/berita/643571/jawa-barat-jadi-provinsi-ramah-anak-pada-2028)

"Persyaratan kota layak harus dipenuhi oleh kepala-kepala daerah, organisasi perangkat daerah dan pejabat lainnya di Sulawesi Tengah," ujarnya, dan menyambung bahwa kekerasan terhadap anak dan perempuan di Indonesia masih signifikan.

"Seluruh indonesia kekerasan terhadap anak cukup tinggi, jika di Sulawesi Tengah juga tinggi sesuai kata gubernur Sulawesi Tengah, maka hal ini harus jadi perhatian serius," ujarnya.

Secara nasional Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak telah mencanangkan 319 kabupaten dan kota se-Indonesia sebagai kota layak anak, dari 516 kabupaten dan kota.

"Kami menargetkan 2030 Indonesia telah menjadi negara layak anak, atau negara tanpa kekerasan terhadap anak," ujarnya.

Pewarta: Muhammad Hajiji
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2017