... TNI AL, sejak keikutsertaannya dalam misi perdamaian di Lebanon telah banyak membantu kami mengamankan perairan dari aktivitas ilegal melalui laut yang dapat mengganggu stabilitas keamanan di darat...
Surabaya (ANTARA News) - Komandan KRI Bung Tomo- 357, Kolonel Pelaut Heri Triwibowo, menerima medali kehormatan dari Angkatan Bersenjata Lebanon atas jasa dan peranannya dalam menjaga perdamaian di perairan Lebanon.

Perwira Penerangan Gugus Tugas Maritim 28-I/UNIFIL, Kapten Khusus Ramlan Lanni, dalam pernyataan yang diterima di Surabaya, Senin, mengatakan, "Medali penghargaan itu disematkan langsung oleh Komandan Angkatan Bersenjata Lebanon, Rear Admiral Majed Alwan, di Beirut, Lebanon, pada Jumat, 28 Juli lalu."

Tribowo menerima penghargaan itu mewakili seluruh pelaut pengawak KRI Bung Tomo-357 yang tergabung dalam Satuan Tugas Maritim TNI Kontingen Garuda XXVIII-I UNIFIL.

Alwan menyebut kontribusi KRI Bung Tomo-357 dalam misi MTF UNIFIL sangat berarti bagi Angkatan Laut Lebanon dan masyarakat Lebanon. Menurut dia, kehadiran unsur-unsur MTF di laut Mediterania secara langsung memberikan manfaat besar bagi roda perekonomian di Lebanon.

"TNI AL, sejak keikutsertaannya dalam misi perdamaian di Lebanon telah banyak membantu kami mengamankan perairan dari aktivitas ilegal melalui laut yang dapat mengganggu stabilitas keamanan di darat," ucap dia,  setelah menyematkan medali bernama Medal of Valor Wussam at Takdir Al Ashkariy Silver Class, kepada Tribowo.

Dia berharap kerja sama ini bisa ditingkatkan pada masa mendatang. 

Pewarta: Slamet Sudarmojo dan Hanif Nashrullah
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2017