Jakarta (ANTARA News) - Wakil Kepala Polri (Wakapolri) Komjen Pol Syafruddin memimpin seleksi akhir proses rekrutmen calon taruna Akademi Kepolisian (catar Akpol) tahun 2017.

Sejak Selasa (1/8) hingga Rabu (2/8), sebanyak 331 calon taruna Akpol mengikuti tes penentuan tahap akhir (pantukhir) di Gedung Indonesia, Akpol, Semarang, Jawa Tengah, demikian keterangan pers.

Di babak akhir tersebut, para calon taruna parade di depan Komisi yang dipimpin Wakapolri Komjen Pol Syafruddin dengan anggota Irwasum, Kalemdikpol, Kadivpropam dan Gubernur Akpol.

Hasil seleksi calon taruna Akpol ini akan diumumkan pada Kamis (3/8) besok. Yang diterima adalah 275 atau jumlah kursi yang tersedia untuk tahun 2017.

Sebelumnya diberitakan, tahun 21017 terdapat sekitar 15.000 remaja yang mendaftar seleksi Akpol di seluruh Indonesia.

Seleksi ini menggunakan sistem gugur di tiga tahap. Yaitu, 1. Pemeriksaan administrasi dan pemeriksaan kesehatan badan dan kesehatan jiwa.  2. Pemeriksaan psikologi dan pemeriksaan mental kepribadian. 3. Tes kesamaptaan jasmani dan antrophometri.

Sistem gugur hanya sampai tahap ketiga. Peserta yang lolos, bisa melanjutkan ke dua tahap tersisa, tahap keempat dan kelima. Yaitu, tes akademik dan terakhit tes pantukhir.

Pewarta: Ruslan Burhani
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2017