Medan (ANTARA News) - Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Sumut menggelar Lomba Cipta Menu Pangan Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman untuk meningkatkan kesadaran diversifikasi pangan di tengah masyarakat.

"Diversifikasi pangan bukan hanya untuk menjaga ketahanan pangan, tetapi juga untuk hidup lebih sehat,"ujar Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Provinsi Sumut, Evi Diana Erry Nuradi di Medan, Selasa.

Dalam acara yang diikuti 22 TP PKK daerah, pemenang pertama diraih dari TP PKK Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai.

Menurut Evi dalam sambutan yang dibacakan Wakil Ketua III TP-PKK Sumut, Herawati Halim OK Nazaruddin, dengan tidak tergantung pada satu bahan pangan khususnya nasi, maka ketahanan pangan bisa semakin terjamin ditengah sulitnya memperluas aral tanaman pangan akibat banyak faktor.

Diversifkasi pangan dengan mempertimbangkan gizi dan bahan yang aman dikonsumsi juga sangat berperan dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia di Sumut.

"Ketahanan pangan dan kualitas SDM masyarakat akan membantu peningkatan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat Sumut,"katanya.

Momentum Peringatan Hari Pangan Sedunia dengan menggelar perlombaan cipta menu pangan beragam dinilai sangat tepat.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Sumut, Dahler Lubis mengatakan, kegiatan tersebut digelar memperingati Hari Pangan Sedunia .

Hari Pangan Sedunia yang setiap tahunnya diperingati setiap 16 Oktober merupakan gagasan Food Agricultural Organization (FAO) oleh 190 negara termasuk Indonesia.

Peringatan Hari Pangan Sedunia itu sendiri untuk menggugah serta meningkatkan kesadaran dan perhatian masyarakat internasional akan pentingnya penanganan masalah pangan di tingkat global, regional dan nasional.

"Sebagai pemenang, TP PKK Serdang Bedagai akan menjadi wakil Sumut ke ke lomba tingkat nasional Oktober 2017,"katanya.

Pewarta: Evalisa Siregar
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2017