Seoul (ANTARA News) - Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un dikaruniai anak ketiga menurut laporan-laporan yang disiarkan Selasa, setelah sang istri beberapa bulan tak muncul di hadapan publik.

Ibu Negara Ri Sol-ju melahirkan anak ketiga mereka pada Februari menurut warta kantor berita Yonhap mengutip keterangan anggota parlemen Korea Selatan yang memperoleh keterangan dari Dinas Intelijen Nasional.

Ri menghilang dari hadapan publik cukup lama tahun lalu, memicu spekulasi ia sedang hamil.

Kabar mengenai kelahiran anak ketiga Kim muncul saat Korea Utara menembakkan rudal balistik yang melintasi wilayah udara Jepang utara.

Menurut laporan intelijen Korea Selatan, Ri menikah dengan Kim pada 2009 dan melahirkan anak pertama mereka setahun kemudian dan anak keduanya lahir pada 2013.

Kim merupakan generasi ketiga dinasti penguasa Korea Utara, tetapi tidak banyak informasi yang diketahui mengenai kehidupan keluarga pemimpin negara tersebut.

Bekas bintang NBA Dennis Rodman, menyusul perjalanannya ke Korea Utara tahun 2013, menjadi satu-satunya sumber informasi mengenai anak kedua pasangan itu, anak perempuan bernama Ju-Ae.

Mengatakan dia menggendong anak perempuan Kim, Rodman menggambarkan pemimpin Korea Utara itu sebagai "ayah yang baik" yang memiliki "keluarga yang baik".

Sementara Ri, menurut intelijen Korea Selatan berasal dari keluarga biasa dengan ayah akademisi dan ibu dokter.

Dia mengunjungi Korea Selatan tahun 2005 sebagai pemandu sorak skuat negaranya di Asian Athletics Championships, demikian menurut warta kantor berita AFP. (ab/)


Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2017