Yerusalem (ANTARA News) - Seorang anggota parlemen Israel yang mendukung peribadatan Yahudi di tempat suci Yerusalem pada Rabu (15/10) diizinkan mengunjungi kompleks tersebut sekali meski ada larangan dua tahun bagi anggota parlemen untuk mengunjunginya.

Yehuda Glick dari partai berkuasa Likud mendapat izin khusus dari Perdana Menteri Benjamin Netanyahu untuk mengunjungi kompleks Haram al-Sharif, yang dikenal warga Yahudi sebagai Temple Mount, sebelum pernikahan putranya.

Dalam sebuah cuitan, Glick berterima kasih kepada Netanyahu, menyebut izin tersebut sebagai "hadiah luar biasa untuk pernikahan anak saya" menurut siaran kantor berita AFP.

Glick sudah mengajukan petisi kepada mahkamah agung untuk melawan keputusan Netanyahu pada Oktober 2015 untuk melarang kunjungan anggota parlemen ke kompleks tempat Masjid Al Aqsa berada tersebut.

Larangan itu ditujukan untuk membantu meredam kerusuhan yang meletus karena kekhawatiran Palestina bahwa Israel berencana lebih lanjut merebut kendali kompleks tersebut.

Berlokasi di Kota Tua Yerusalem Timur yang dicaplok Israel, kompleks tersebut merupakan rumah bagi Masjid Al-Aqsa dan Masjid Kubah Batu (Dome of the Rock).

Rencana untuk mengizinkan pencabutan sementara larangan itu pada Juli diajukan setelah aksi kekerasan kembali meletus di dalam dan sekitar lokasi. Pada Agustus, Netanyahu mencabut larangan itu selama sehari sebagai uji coba.

Kompleks tersebut merupakan tempat suci utama bagi Yahudi dan paling suci ketiga bagi umat Islam setelah Mekkah dan Madinah dan merupakan pusat konflik Palestina-Israel.

Seorang juru bicara Glick mengatakan bahwa anggota parlemen itu diberitahu bahwa sekarang itu tidak ada perubahan dalam kebijakan pemerintah melarang kunjungan anggota parlemen mengunjungi tempat suci itu. (kn)

Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2017