Sorong, (ANTARA News) - Gempa bumi berkekuatan 4,0 Skala Richter mengguncang Kabupaten Kaimana, Provinsi Papua Barat, Selasa, pukul 05.37 WIT, dengan kedalaman 17 kilometer.

Kepala Stasiun Geofisika Badan Meteorologi, Klimatologi, Geofisika (BMKG) Sorong Andri W Bidang di Sorong, Selasa, menyatakan lokasi gempa pada koordinat 4,31 Lintang Selatan dan 134,42 Bujur Timur yang berjarak 101 km laut tenggara Kaimana.

Dia menjelaskan ditinjau dari kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi itu merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat tumbukan lempeng.

Penjalaran getaran gempa dirasakan seluruh warga wilayah Kabupaten Kaimana. Warga yang berada di gedung bertingkat bisa merasakan efek dari gempa tersebut.

Dia mengatakan gempa bumi itu tidak berpotensi tsunami, karena kekuatannya tidak cukup besar untuk membangkitkan perubahan di dasar laut yang dapat memicu terjadinya tsunami.

Dia mengatakan hingga saat ini belum dilaporkan kerusakan yang timbul akibat gempa bumi di laut Kaimana tersebut.

"Kami mengimbau kepada masyarakat di pesisir pantai agar tidak terpancing dengan isu-isu yang tidak bertanggung jawab karena gempa bumi tersebut tidak berpotensi tsunami," ungkapnya.

Pewarta: Ernes Broning Kakisina
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2017