Benoa, Bali (ANTARA News) - Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Ade Supandi menyematkan Brevet Hiu Kencana kepada Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan sejumlah pejabat negara sebagai warga kehormatan kapal selam TNI AL.

"Penyematan brevet ini amanah dan bagi saya merupakan tantangan untuk bisa memberikan suatu yang lebih berarti bagi kejayaan dan kemajuan laut Indonesia," kata Menhub Budi Karya kepada pers di Benoa, Bali, Rabu.

Hal itu disampaikan Menhub seusai acara pengukuhan nama KRI I Gusti Ngurah Rai oleh Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto.

Hadir dalam acara itu antara lain Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, KSAD Jenderal TNI Mulyono,  serta Gubernur Bali I Made Mangku Pastika.

Usai melaksanakan pengukuhan nama KRI I Gusti Ngurah Rai, KSAL juga menyematkan Brevet Hiu Kencana kepada para petinggi negara. Selain Menhub yag juga disematkan bravet adalah Panglima TNI, Kapolri, KSAD, Menlu, serta Menteri Kelautan dan Perikanan.

Menhub Budi mengakui banyak sekali tantangan di laut Indonesia mengingat posisinya yang sangat strategis dan dilalui banyak kapal asing yang memerlukan pengawasan.

Bagi Menhub, penyematan bravet ini akan memberikan semangat kepada dirinya juga Kementerian Perhubungan untuk berkolaborasi dengan TNI khususnya Angkatan Laut, juga Polri untuk menjaga keamanan dan keutuhan perairan Indonesia.

"Saya yakin bahwa kejayaan Indonesia ada di kejayaan laut melalui TNI dan Polri," katanya.

Dalam kesempatan itu para pejabat negara mendapat kesempatan berlayar dengan Kapal Selam KRI Nagasapa-403 yang menyelam pada kedalaman 30 meter di bawah permukaan laut perairan Benoa, Selat Badung, Bali.

Dalam penyelaman itu para pejabat negara melaksanakan peran berlayar dan bertempur di kapal selam, serta menyaksikan langsung bagaimana sebuah kapal selam beroperasi, salah satunya mendeteksi posisi lawan dan kawan melalui periskop, serta mencoba mengoperasikan alat yang ada di kapal selam seperti alat deteksi dan navigasi.

Setelah melaksanakan pelayaran dan penyelaman, para pejabat negara diangkat sebagai warga kehormatan Hiu Kencana, yang ditandai dengan penyematan Brevet Kehormatan Hiu Kencana di dada sebelah kanan oleh Kasal Laksamana TNI Ade Supandi.

Penyematan dilakukan dalam suatu upacara di dalam air dalam lambung kapal selam di bawah permukaan laut.

Pewarta: Ahmad Wijaya
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2018