Zurich (ANTARA News) - Swiss baru saja melarang praktik yang umum dilakukan di dunia kuliner, memasukkan lobster hidup ke air mendidih, bagian dari perbaikan perlindungan terhadap hewan.



"Krustasea hidup, termasuk lobster, tidak boleh lagi dibawa di dalam es atau di air dingin. Spesies air harus selalu disimpan di lingkungan alami mereka. Sekarang, krustasea harus dibuat beku sebelum dimatikan," menurut undang-undang baru tersebut, seperti diberitakan laman Reuters.



Peraturan baru itu akan berlaku secara efektif pada Maret mendatang.



Swiss bukan satu-satunya negara yang melindungi lobster dari aksi yang disebut aktivis perlindungan hewan sebagai perlakuan keji di dapur.



Tahun lalu, Mahkamah Agung Italia mengeluarkan peraturan lobster tidak boleh disimpan di es ketika di restoran karena menyebabkan mereka menderita sebelum dimasak.



Sementara itu, peraturan yang berlaku di Swiss nanti juga akan mencakup pelarangan peternakan anak anjing ilegal, melarang perangkat otomatis yang menghukum anjing menggonggong, memberikan kondisi yang diizinkan untuk menindak hewan yang sakit atu terluka serta meminta penyelenggara bertanggung jawab untuk kesejahteraan hewan saat membuat acara untuk umum.

Pewarta: Natisha Andarningtyas
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2018