Jember (ANTARA News) - Sejumlah mahasiswa yang tergabung dalam Duta Kampus Universitas Jember (Unej) membantu panitia lokal kampus setempat untuk menyosialisasikan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2018.

Koordinator Duta Kampus Unej Frenza Fayruz di Jember, Jawa Timur, Selasa, mengatakan, pihaknya aktif mensosialisasikan SNMPTN dan SBMPTN melalui media sosial yang dikelola sejak awal Januari 2018 ditujukan kepada siswa SMA/SMK/MA.

"Hasilnya cukup positif, di grup WhatsApp kami ada 1.750 siswa yang aktif bertanya dan berdiskusi, bahkan jika tidak dibatasi pesertanya akan bertambah terus," kata mahasiswa FKIP Unej itu.

Duta Kampus Unej berusaha terus untuk memfasilitasi siswa yang masih ingin bergabung dan untuk memudahkan pengaturan, kemudian mereka mengumpulkan pertanyaan dulu dan menjawabnya setiap hari Senin malam.

Mereka juga memfasilitasi siswa di sekitar Jember yang ingin berkonsultasi langsung mengenai SNMPTN dan SBMPTN 2018.

Upaya para mahasiswa yang tergabung dalam Duta Kampus itu didukung oleh Bagian Humas dan Protokol Unej yang menyediakan fasilitas komputer untuk menjawab pertanyaan melalui media sosial dan supervisi, terutama jika ada pertanyaan yang tidak bisa dijawab oleh anggota Duta Kampus Unej.

"Selain menjawab pertanyaan melalui media sosial, kami membuka kesempatan konsultasi langsung setiap hari Senin malam pukul 19.00 hingga 21.00 WIB. Jika ada pertanyaan yang tidak bisa kami jawab, maka akan dibantu oleh Bagian Humas dan Protokol Unej," katanya.

Sementara itu, sosialisasi SNMPTN-SBMPTN 2018 juga dilakukan Unej dengan mengundang seluruh perwakilan sekolah dari SMA dan SMK baik negeri maupun swasta di Jember berkumpul untuk mendapatkan penjelasan mengenai SNMPTN dan SBMPTN 2018 di Gedung Soetardjo kampus setempat, Selasa, sedangkan untuk perwakilan MA negeri/swasta akan diundang pada Rabu (24/1).

Kepala Humas dan Protokol Unej Agung Purwanto mengatakan panitia memberikan penjelasan mengenai SNMPTN dan SBMPTN kepada perwakilan SMA, SMK, dan MA negeri dan swasta di Jember, serta melakukan hal yang sama di Kabupaten Bondowoso, Situbondo, dan Banyuwangi.

"Pengisian dan verifikasi data pada Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) sudah dibuka semenjak 13 Januari 2018, maka Unej selaku panitia SNMPTN dan SBMPTN langsung bergerak bekerjasama dengan Cabang Dinas Pendidikan Provinsi dan Kantor Kementerian Agama di tiap kabupaten," katanya.

Universitas Jember menerima mahasiswa baru melalui sejumlah jalur akni 40 persen dari SNMPTN, 40 persen dari SBMPTN, dan 20 persen dari jalur mandiri/SBMPTBR. Tahun 2017 tercatat Unej menerima mahasiswa S1 sebanyak 6.478 siswa yang daftar ulang dari tiga jalur yakni SNMPTN, SBMPTN, dan mandiri.

Pewarta: Zumrotun Solichah
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2018