Jakarta (ANTARA News) - Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) DKI Jakarta menyatakan kesiapannya untuk menggencarkan gerakan berkunjung rutin ke museum atau "Grebek Museum" kepada warga.

"Kami akan gencarkan lagi gerakan Grebek Museum. Kami akan memfasilitasi warga yang ingin melakukan kunjungan ke museum," kata Kepala Disparbud DKI Tinia Budiati di Balai Kota, Jakarta Pusat, Kamis.

Menurut dia, gerakan tersebut merupakan instruksi langsung dari Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dalam rangka meningkatkan kunjungan warga di museum-museum yang ada di Jakarta.

"Oleh karena itu, melalui kegiatan Grebek Museum, kami akan berupaya untuk membantu warga dengan memberikan kemudahan-kemudahan, sehingga warga antusias datang ke museum," ujar Tinia.

Dia menuturkan salah satu kemudahan yang dimaksud itu, yakni dengan menyediakan transportasi gratis untuk mengantar warga ke museum setiap akhir pekan. Dia menargetkan kegiatan itu sudah bisa dilaksanakan secara efektif mulai Mei 2018.

"Jadi, nanti kami akan buatkan atur kunjungannya. Misalnya, warga yang tinggal di daerah Senen akan berkunjung ke Setu Babakan, nanti akan kami sediakan kendaraan. Dengan begitu, warga yang tidak punya kendaraan bisa ikut pergi," tutur Tinia.

Lebih lanjut, dia mengungkapkan untuk jadwal kunjungan warga ke museum nantinya akan disebarluaskan melalui aplikasi dan juga situs resmi milik Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta.

"Selama pelaksanaannya, kami akan melibatkan Dinas Perhubungan DKI Jakarta untuk mempersiapkan rute dan armadanya. Kami berharap program tersebut dapat dimanfaatkan dengan baik oleh warga untuk menambah pengetahuan sekaligus berinteraksi," ungkap Tinia.

Pewarta: Rr. Cornea Khairany
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2018