Jakarta (ANTARA News) - Kepala Unit Kerja Presiden Pembinaan Ideologi Pancasila Yudi Latief berharap para elit di negeri ini tidak menjadikan politik sebagai alat kepentingan jangka pendek yang berpotensi menimbulkan korban dikalangan rakyat.

Para elit mungkin begitu kepentingan tercapai bisa damai, tetapi "limbahnya" di masyarakat tidak mudah dibersihkan, kata Yudi dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Rabu.

"Begitu elit sudah bisa bersalaman, konflik di bawah belum tentu berakhir," kata penulis buku "Negara Paripurna: Historitas, Rasionalitas, Aktualitas Pancasila" itu.

Menurut Yudi, terorisme yang terjadi pada masa sekarang memiliki keterkaitan dengan relasi politik pada masa lalu, dan hal itu harus dijadikan sebagai pelajaran.

"Jadi, hati-hati menggunakan trik-trik atau manuver politik yang berpotensi mengadu domba, mobilisasi, persekusi, dan saling serang yang menimbulkan korban yang akan melahirkan dendam baru yang akan mengembangbiakkan terorisme di masa mendatang," ujarnya.

Pada bagian lain, Yudi mengapresiasi langkah Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) yang mempertemukan eks narapidana terorisme dengan penyintas dalam kegiatan "Silaturahmi Kebangsaan" pekan lalu.

Menurut dia, upaya mempertemukan mantan napi teroris dengan penyintas ini sangat penting karena eks teroris bisa berempati melihat kondisi korban. Namun, di sisi lain korban juga bisa memahami bahwa aksi-aksi terorisme itu mempunyai akar sosial sebagai penyebabnya.

"Silaturahmi ini bisa menjadi arena bersambung rasa antara mantan napi teroris dan penyintas. Dengan begitu masing-masing pihak bisa melihat situasinya secara langsung dan tidak hitam putih lagi," katanya.

Yudi mengatakan, saling memaafkan adalah langkah terbaik untuk mengubur kesalahan di masa lalu, dan saling memaafkan akan menjadi tonggak untuk bangkit bersama membangun Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang lebih baik di masa mendatang.

Pewarta: Sigit Pinardi
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2018