Surabaya (ANTARA News) - Wali Kota Liverpool Joe Anderson dan Wakil Wali Kota Liverpool Gary Millar beserta rombongannya menyempatkan jalan-jalan ke Tunjungan, Kota Surabaya pada saat kunjungannya ke Kota Pahlawan pada Minggu (18/3) malam.

Wali Kota Liverpool Joe Anderson, di Surabaya, Senin, mengaku senang pada saat berkunjung ke Kota Surabaya. Bahkan ia mengaku sudah mengunjungi beberapa tempat yang dianggap penting di kota Pahlawan.

"Sangat bagus sekali. Ini pengalaman yang menarik bagi saya dan rombongan, terima kasih Surabaya," ujarnya Joe Anderson.

Setibanya rombongan ini tiba di Jalan Tunjungan langsung disambut sekitar sekitar 40 lebih komunitas fotografi Surabaya. Pemkot Surabaya memang menyediakan beberapa pertunjukan di sepanjang jalan bersejarah itu, salah satunya gamelan.

Mereka langsung melihat pertunjukan gamelan itu sembari berfoto ria. Gamelan itu pun nampak unik, karena lagu-lagu yang didendangkan berbahasa Inggris.

Tidak hanya itu, di depan gedung Siola itu, Wali Kota Liverpool juga menyaksikan pertunjukan kesenian Reog Ponorogo. Wali kota pun diajak untuk menaiki kepala Reog.

Pada saat menikmati keindahan Jalan Tunjungan, Wali Kota Liverpool Joe Anderson juga tampak ramah terhadap warga yang menyaksikan kunjungan itu. Bahkan, Wali Kota Liverpool juga berkali-kali melayani foto bersama dengan warga, ia pun juga berkali-kali menyapa anak kecil yang kebetulan lagi bermain di Jalan Tunjungan bersama orang tuanya.

Ia juga sempat berfoto di bawah papan nama jalan bertuliskan Tunjungan. Hampir semua kamera komunitas fotografi Surabaya mengabadikan momen tersebut.

Kepala Sub Bagian Kerja Sama Luar Negeri Pemkot Surabaya Yanuar Hermawan sebelumnya mengatakan kunjungan rombongan Liverpool ke Surabaya ini untuk meningkatkan kerjasama sister city antara Kota Surabaya dengan Liverpool.

Selama di Kota Surabaya, rombongan dari Liverpool ini akan mengikuti sejumlah acara yang telah dipersiapkan, seperti berkunjung ke Siola meninjau langsung CC room 112, UKM, Museum Surabaya dan Koridor.

"Rombongan ini pun akan berkunjung ke Taman Baca, mengunjungi sekolah inklusi dan lingkungan pondok sosial (Liponsos) di Keputih Surabaya," katanya.

Bahkan, kedua pimpinan kota ini juga dijadwalkan akan menandatangani MoU Sister City di Balai Kota Surabaya pada Senin ini.

Adapun bidang-bidang kerja sama Sister City yang terjalin kedua kota itu adalah pengembangan ekonomi kreatif, manajemen pelabuhan, pengembangan Kota Pintar, dan peningkatan kapasitas sumber daya manusia.

Pewarta: Abdul Hakim
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2018