Kita harapkan satu, ada daya beli masyarakat yang meningkat
Banjar, Kalsel (ANTARA News) - Presiden Joko Widodo melakukan "blusukan" di pinggir kali irigasi Desa Pematang Panjang, Kecamatam Sungai Tabuk, Kabupaten Banjar Provinsi Kalimantan Selatan untuk meninjau pembangunan jalan produksi Padat Karya Tunai Desa (PKTD).

"Ini dana desa yang dipakai untuk padat karya tunai dan tadi saya tanyakan ke pekerja satu hari di gaji berapa, Rp80.000," kata Jokowi saat meninjau PKTD jalan produksi desa pada Senin.

Menurut Jokowi, pembangunan tersebut bertujuan untuk memperbaiki akses jalan produksi desa untuk meningkatkan perekonomian penduduk.

Masyarakat dapat memanfaatkan jalan yang aksesnya lebih baik untuk menuju ke sawah.

"Kita harapkan satu, ada daya beli masyarakat yang meningkat karena mendapat tambahan income. Peredaran uang di desa juga semakin meningkat dan akhirnya kita harapkan nanti konsumsi dan daya beli itu juga naik, targetnya ke sana," jelas Presiden.

Baca juga: Presiden tinjau distribusi bantuan sosial di Banjar

Baca juga: Presiden saksikan pembagian ribuan sertifikat masyarakat Kalsel

Baca juga: Masyarakat Martapura sambut Presiden yang hadiri haul Abah Guru Sekumpul


Pemerintah memprioritaskan infrastruktur yang dibangun dengan dana desa antara lain jalan produksi desa, jalan persawahan, irigasi dan infrastruktur yang produktif.

Presiden meyakini PKTD memberi dampak yang positif bagi masyarakat.

Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi melakukan pekerjaan peningkatan jalan lingkungan di desa tersebut sepanjang hampir 400 meter.

Total anggaran PKTD yang digelontorkan yaitu sebesar Rp115,9 juta dan dikerjakan oleh 30 orang selama 15 hari kerja.

Masyarakat yang menunggu Presiden di pinggir sungai pun riuh ramai melihat kepala negara menyambangi desanya.

Para pekerja mengawali proyek itu dengan menguruk jalan menggunakan tanah dan batu split untuk memadatkan jalan pada proses awal.

Pewarta: Bayu Prasetyo
Editor: Gilang Galiartha
Copyright © ANTARA 2018