Washington (ANTARA News) – Putra mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman, melakukan tur selama sepekan di Amerika Serikat (AS) yang berakhir di Texas, tempat dia bertemu dengan dua mantan presiden AS dari keluarga Bush, Sabtu.

George HW Bush (93), mengunggah foto pangeran itu dengan putranya, George W Bush. 

"Sebuah kesempatan luar biasa untuk merayakan persahabatan lama antara kedua negara kita," tulis George Bush Senior, sedangkan kedutaan Arab Saudi di Washington menggambarkan pertemuan itu sebagai pengingat kekuatan dan luasnya kemitraan lama antara Arab Saudi-AS.

Pangeran bersama rombongannya pergi dari Gedung Putih ke Houston melalui Boston, New York, Seattle, Los Angeles, dan Silicon Valley, memulai apa yang disebut oleh seorang ahli sebagai kampanye hubungan publik yang terencana dengan baik.

Baca juga: Putra Mahkota Saudi akan kunjungi Prancis

Rezim Arab Saudi mendapatkan sedikit kritik sepanjang kunjungan itu - meski Wali kota Los Angeles Eric Garcetti menyatakan “keprihatinan tentang HAM dan krisis kemanusiaan yang sedang berlangsung di Yaman," ujar kantor Garcetti kepada AFP.

Namun, memperkuat hubungan AS-Saudi dalam menghadapi Iran merupakan prioritas bagi Presiden AS Donald Trump, yang memuji persahabatan besar dua negara itu ketika ia bertemu dengan Pangeran Salman (32) di Oval Office pada 20 Maret.

Sejak pertemuan itu, Pangeran Salman dengan tekun mendorong "Saudi Vision 2030”, yakni sebuah rencana untuk ekonomi Arab Saudi yang tidak terlalu bergantung kepada minyak dan ingin menarik para investor AS.

Bagian terakhir dari kunjungan pengeran itu adalah bertemu dengan para direktur Google, Facebook, dan Palantir, serta pendiri Microsoft Bill Gates dan Richard Branson, yang membahas tentang eksplorasi ruang angkasa.

Pangeran juga menikmati makan malam Hollywood dengan Rupert Murdoch, di mana mereka bergabung dengan bos dan para aktor dari studio itu termasuk Morgan Freeman, menurut Hollywood Reporter.

Pertemuan itu terjadi sebelum pembukaan bioskop pertama Arab Saudi, yang dikelola oleh American AMC Entertainment, di Riyadh pada 18 April.

Kemudian, ia pergi ke Houston untuk bertemu dengan Bush, setelah bertemu dengan Bill Clinton di New York.

Bahkan, dalam hal mantan presiden, hanya Barack Obama, mantan presiden yang hubungannya ditandai tegang dengan Arab Saudi. Demikian dilansir Kantor Berita AFP.

Baca juga: Putra Mahkota Arab Saudi kunjungi Apple, diskusikan peluang kemitraan

Penerjemah: Sella Panduarsa Gareta
Editor: Monalisa
Copyright © ANTARA 2018