Saya ucapkan selamat kepada anak-anakku yang mengikuti ujian try out. Mudah mudahan anak-anakku semua bisa diterima di PTN favoritnya."
Jakarta (ANTARA News) - Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri membuka pelatihan ujian "try out" Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) yang digelar oleh DPP PDI Perjuangan Bidang Pemuda dan Olahraga melalui video singkatnya di Seasons City, Jakarta Barat, Minggu.

Pelatihan ujian try out ini dilakukan secara serentak di 34 provinsi, 400 kota kab dan kota dengan total peserta 333 ribu siswa. Untuk DKI Jakarta, diikuti sebanyak 1.800 ribu siswa SMU/Sederajad mengikuti try out di Season City. Mereka terlihat semangat mengikuti pelatihan tersebut.

Pelatihan ujian try out ini ditujukan agar siswa memiliki bekal pengetahuan untuk menghadapi ujian SBMPTN, dan dapat diterima di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang menjadi favoritnya.

Turut hadir dalam acara itu Sekjen PDIP Hasto Kristyanto, Ketua DPP PDIP Bidang Pemuda dan Olahraga Sukur H Nababan, Ketua DPD PDI Perjuangan Jakarta Ady Widjaja,  anggota DPR Eriko Sutraduga, pendiri Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI), Jaya Suprana, dan fungsionaris partai.

Dalam try out ini,  PDI Perjuangan mendapat Rekor MURI dari pendiri Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI), Jaya Suprana. Rekor MURI diberikan karena jumlah peserta "try out" sekitar 365 ribu siswa se-Indonesia.

Dalam sambutannya, Ketua Umum Megawati Soekarnoputri mengucapkan selamat kepada para siswa yang mengikuti pelatihan try out SBMPTN yang digelar oleh Departemen bidang Pemuda dan Olahraga DPP PDIP.  Ia berharap try out itu bisa membantu para siswa yang baru lulus sekolah menengah atas dapat diterima di PTN yang menjadi idamannya.

"Saya ucapkan selamat kepada anak-anakku yang mengikuti ujian try out. Mudah mudahan anak-anakku semua bisa diterima di PTN favoritnya," kata Mega saat membuka pelatihan try out lewat video singkatnya.

Ketua DPP PDI Perjuangan Bidang Pemuda dan Olahraga Sukur H Nababan mengatakan pelatihan try out merupakan yang kedua kali diselenggarakan. Try out ini merupakan komitmen partai di bidang pendidikan dalam mencerdaskan bangsa.

"Try Out ini merupakan tanggung jawab moral partai membantu dunia pendidikan di Indonesia. Try Out  dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia, melalui semua pengurus partai, mulai DPP, DPD, DPC dan PAC di bidang Pemuda dan Olahraga (Pora)," paparnya.

Sukur mengatakan try out merupakan pelatihan ujian agar adik-adik saya tidak gerogi dalam mengikuti ujian SBMPTN. Try out ini juga menjadi pintu masuk adik-adik untuk masuk ke PTN yang menjadi idamannya.

Sukur menambahkan, peserta ujian try out itu tidak dikenakan biaya alias gratis. Bahkan peserta try out akan disediakan beasiswa bagi peserta yang mendapat nilai terbaik dari empat perguruan tinggi swasta, termasuk sejumlah door prize.

Lebih lanjut, Sukur menjelaskan, pelaksanaan try out  ini dilakukan dengan bekerjasama semua struktur partai perjuangan di daerah. Pendaftaran peserta  dibuka di kantor PAC dan DPC PDIP di daerah, berkoordinasi dengan kepala sekolah, guru, Dinas pendidikan, anggota dewan setempat, dan tokoh masyarakat. 

Pewarta: Ruslan Burhani
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2018