Ketua Liga Arab serukan penyelidikan kejahataan Israel di Gaza

id liga arab palestina,arab israel,bentrok gaza,aksi protes gaza

Ketua Liga Arab serukan penyelidikan kejahataan Israel di Gaza

Arsip Foto. Sebuah pemandangan umum memperlihatkan para menteri luar negeri Arab dan anggota delegasi menghadiri rapat tahunan di markas pusat Liga Arab di Kairo, Mesir, Selasa (7/3/2017). (REUTERS/Mohamed Abd El Ghany )

Kairo, Mesir (ANTARA News) - Ketua Liga Arab Ahmed Abul Gheit menyerukan pelaksanaan penyelidikan internasional mengenai dugaan kejahatan yang dilakukan oleh pasukan Israel terhadap warga Palestina dalam kekerasan mematikan di sepanjang perbatasan Gaza pekan ini.

"Kami menyerukan penyelidikan internasional yang kredibel atas kejahatan yang dilakukan oleh Israel," kata Abul Gheit dalam sesi pembukaan pertemuan luar biasa para menteri luar negeri Arab di Kairo pada Kamis (17/5), yang membahas tindakan kekerasan Israel terhadap warga Palestina.

Warga Palestina di Jalur Gaza telah melakukan protes selama tujuh pekan untuk dapat kembali ke rumah yang terpaksa mereka tinggalkan tahun 1948 yang kemudian menjadi bagian dari Israel.

Pasukan Israel menewaskan 60 warga Palestina pada Senin ketika puluhan ribu warga Palestina berkumpul di dekat perbatasan, dan sejumlah kecil orang mendekati pagar dan berusaha menerobosnya.

Kekerasan terjadi pada hari yang sama ketika Amerika Serikat (AS) membuka kedutaan besarnya di Yerusalem.

"Kita menghadapi kondisi agresi mencolok terhadap hukum dan legitimasi internasional yang diwujudkan melalui pemindahan kedutaan besar AS di negara yang menduduki ke Yerusalem," kata Abul Gheit sebagaimana dikutip AFP.
    
Israel telah makin ditekan internasional setelah kekerasan mematikan itu. Pasukannya sudah menewaskan 116 warga Palestina sejak kampanye protes di perbatasan Gaza-Israel dimulai pada 30 Maret.

"Pertemuan kita hari ini terjadi pada saat yang paling penting karena AS memindahkan kedutaannya ke Yerusalem," kata Menteri Luar Negeri Arab Saudi Adel al-Jubeir pada pembukaan sesi pertemuan yang diserukan oleh negaranya. (hs)

Baca juga:
Puluhan warga Palestina tewas di Gaza
AS salahkan Hamas atas kerusuhan mematikan di perbatasan Gaza

 

Pewarta : -
Editor: Maryati
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar