Jakarta (ANTARA News) - Sekretaris Jenderal Kementerian Agama Nur Syam mengajak petugas haji agar fokus untuk melayani jamaah haji Indonesia bukan justru menjadi orang yang dilayani.

"Sebagai petugas haji jangan berniat untuk berhaji tapi niatlah bertugas untuk melayani jamaah haji," kata Nur Syam di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta, Minggu.

Maka dari itu, dia mengajak petugas haji agar selalu paham dengan tugas pokok dan fungsinya untuk pembinaan, pelayanan dan perlindungan jamaah haji Indonesia.

Terlebih, kata dia, melayani jamaah haji memiliki tingkat kesulitan yang cukup kompleks.

Menurut dia, pelayanan haji bukan persoalan sepele karena memiliki jangka waktu yang panjang dan melibatkan banyak jamaah dan petugas yang menyertainya.

"Bisa dibayangkan dalam sekian puluh hari kita memindahkan sekitar 221.000 dalam satu periode waktu yang sama dari Indonesia ke Arab Saudi dan memulangkannya kembali ke Tanah Air," kata dia.

Dia membandingkan manajemen jamaah haji di Indonesia dengan Malaysia. Di negeri jiran, pelayanan haji terbilang baik tetapi dari jumlah keseluruhan jamaah hanya sekitar 22.000 orang yang hanya sepersekian persen saja jumlahnya dibanding jamaah haji Indonesia.

Dia mengatakan melayani jamaah yang lebih sedikit tentu memiliki tingkat kerumitan yang lebih rendah jika dibandingkan dengan mengelola jamaah yang jumlahnya besar.

Nur Syam juga meminta petugas haji agar bisa memahami misi perhajian sehingga bisa meningkatkan kualitas pelayanan haji.
 

Pewarta: Anom Prihantoro
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2018