Seoul (ANTARA News) - BTS menjadi grup K-pop pertama yang menduduki puncak tangga album AS, sebuah ilustrasi bahwa genre K-pop telah menarik perhatian global.

Grup beranggotakan tujuh orang itu jadi salah satu grup Korea Selatan yang dikenal di dunia.

Pada Minggu, mereka menembus rekor, menjadi grup K-pop pertama yang memuncaki tangga musik Billboard 200 yang menilai kepopuleran album berdasarkan penjualan, unduhan dan streaming.

"Ini adalah puncak yang pertama bagi grup berisi tujuh orang itu, juga album K-pop pertama yang memimpin," tulis Billboard dalam laporan online mengenai tangga album terbaru.

Dikutip AFP, meski sebagian besar pendengar musik generasi dewasa di Barat tidak mengenal BTS, sulit untuk menyepelekan popularitas BTS yang beranggotakan Suga, J-Hope, Rap Monster, Jimin, V, Jungkook dan Jin.

Berdasarkan salah satu analisis data, mereka adalah kelompok yang paling banyak dibicarakan di Twitter pada 2017, nyaris dua kali lipat dari jumlah mention gabungan Presiden AS Donald Trump dan Justin Bieber di platform media sosial itu.

BTS juga digilai penggemar di belahan negara lain, termasuk Indonesia, Jepang, China dan Amerika Latin.

Meski lagu-lagunya berbahasa Korea, gaya mereka berhasil menggabungkan K-pop dengan hip hop dan RnB.

Tahun lalu, karya mereka "Love Yourself: Her" jadi album K-pop pertama yang masuk jajaran 10 besar tangga album AS, naik ke nomor tujuh, dan mencapai urutan puncak di iTunes di lebih dari 70 negara.

Baca juga: BTS curhat soal rasa tertekan hingga ancaman pembunuhan

Penerjemah: Nanien Yuniar
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2018