Jakarta (ANTARA News) - Duta Besar Indonesia untuk India Sidharto R. Suryodipuro menganggap rencana kunjungan Perdana Menteri India Shri Narendra Modi ke Jakarta pada 29-31 Mei 2018 sebagai momentum memperkuat hubungan kedua negara.

"Kunjungan ini akan menambah momentum terhadap kerja sama pertahanan, ekonomi, dan konektivitas," kata Dubes Arto dalam wawancara khusus dengan Antara di Jakarta, Senin (28/5).

PM Modi dijadwalkan tiba di Jakarta pada Selasa malam, kemudian Rabu pagi (30/5) memulai serangkaian kegiatan yang diawali pertemuan dengan Presiden Joko Widodo di Istana Negara.

Dalam pertemuan itu, PM Modi dan Presiden Jokowi akan membahas berbagai isu bilateral mulai dari maritim, ekonomi, hingga sosial budaya, serta isu regional dan global.

Sejumlah nota kesepahaman bersama akan ditandatangani oleh kedua pemimpin dalam pertemuan tersebut.

Selain pertemuan dengan Presiden Jokowi, PM Modi juga akan berkunjung ke Taman Makam Pahlawan Kalibata dan menemui komunitas India di Jakarta.

Perdana Menteri ke-14 India itu juga direncanakan menghadiri CEO Forum Indonesia-India kedua, setelah pertama kali diadakan pada 2016 di sela-sela kunjungan Presiden Jokowi ke India. Forum ini bertujuan meningkatkan kerja sama bisnis kedua negara.

Dubes Arto mengatakan bahwa hubungan Indonesia dan India memiliki potensi luas untuk bisa dikembangkan, karena itu pemerintah dan pelaku usaha Indonesia harus proaktif berinvestasi untuk memperkuat hubungan bilateral ini.

"Saya juga ingin melihat `awareness` yang lebih tinggi di Indonesia tentang India karena ini adalah negara penting yang tidak boleh hanya menjadi `blind spot` dalam `awareness` kita," ujarnya.

Kedatangan PM Modi merupakan kunjungan resmi pertama ke Indonesia sebagai balasan atas kunjungan kenegaraan Presiden Joko Widodo ke India pada Desember 2016 dan ketika menghadiri ASEAN-India Commemorative Summit pada Januari 2018.

Kunjungan PM Modi juga dilaksanakan dalam rangka menyambut peringatan 70 tahun hubungan diplomatik Indonesia-India pada 2019.

Baca juga: PM India tiba di Indonesia Selasa malam

Baca juga: Jokowi dan PM India akan bicarakan pertahanan

Pewarta: Yashinta Difa Pramudyani
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2018