Jakarta (ANTARA News) - Kementerian Agama melakukan simulasi tugas Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta, Minggu.

Direktur Bina Haji Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah Khoirizi H Datsir mengatakan, simulasi itu menjadi rangkaian pendalaman tugas dan fungsi petugas untuk jamaah haji Indonesia.

"Jadi kita akan melihat tugas dan fungsi petugas di dalam simulasi ini. Karena yang dimobilisasi itu jamaah, akan terlihat," kata dia.

Menurut dia, kegiatan simulasi itu menjadi kesempatan PPIH untuk menerapkan teori yang didapat di kelas.

Berdasarkan pengamatan, sejumlah PPIH bekerja sesuai tugasnya seperti untuk bagian akomodasi, transportasi, kesehatan, pelayanan pertolongan pertama, bimbingan ibadah, pusat media haji dan lain-lain.

PPIH itu juga terbagi berdasarkan daerah kerja (daker) yaitu Madinah, Makkah dan Jeddah. Selain itu, mereka jugsaterbagi ke dalam sejumlah sektor titik tugas.

Kepala Daerah Kerja Madinah Muhammad Khanif mengatakan skenario simulasi itu untuk mempersiapkan PPIH siap bertugas di Tanah Suci.

"Pertama mengenai kesiapan hotel,daker Madinah dan kesiapan pelayanan umum dan kesehatan dan tak kalah pentingnya dapur katering serta sanitasi," kata dia.
 

 

Pewarta: Anom Prihantoro
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2018