Karawang, Jawa Barat (ANTARA News) - Kepala Polres Kabupaten Karawang, AKBP Slamet Waloya, menyatakan, mereka menyiapkan sejumlah skenario rekayasa lalu-lintas untuk mengatasi kemacetan. Mereka menyiapkan sistem satu arah dan lawan arus pada arus balik Lebaran 2018.

"Titik kepadatan diperkirakan akan terjadi di tol Jakarta-Cikampek kilometer 66 yang merupakan titik pertemuan arus balik kendaraan dari arah tol Cipali dan tol Cipularang," katanya, saat dihubungi di Karawang, Minggu.

Rekayasa lalu-lintas yang disiapkan untuk mengurai kepadatan di antaranya dengan memberlakukan contra flow, buka tutup  kawasan istirahat, pengaturan parkir di tempat beristirahat, serta pengalihan arus ke jalan Arteri Karawang.

"Sistem satu arah juga akan diterapkan kalau memang terjasi kemacetan parah," kata dia.

Untuk titik rawan kemacetan lain pada arus balik Lebaran ialah jalan tol sekitar kawasan istirahat dan kawasan parkir di kilometer 62, 52 dan 42 tol Jakarta-Cikampek.

Ia mengimbau para pemudik yang akan balik ke Jakarta dan sekitarnya tetap mengikuti arahan dari polisi selama di perjalanan. "Jika lelah, istirahat di tempat yang telah disiapkan," kata dia.

Pewarta: M Ali Khumaini
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2018