Karawang, Jawa Barat (ANTARA News) - PT Jasa Marga kembali memberlakukan sistem lawan arus (contra flow) sepanjang enam kilometer di KM 47 hingga KM 41 Tol Jakarta Cikampek (Japek) arah Jakarta untuk mengurangi kepadatan akibat membludaknya pengunjung Rest Area KM 42.

"Saat ini masih diberlakukan contra flow dari KM 47 sampai KM 41 arah Jakarta" kata petugas call centre Jasa Marga Tari saat dikonfirmasi Antara di Karawang, Jawa Barat, Jumat.

Dari pantauan Antara, dari Rest Area KM 62 sampai Rest Area KM 42 volume kendaraan sepanjang ruas tol tersebut relatif padat.

Selama arus balik berlangsung, ruas menuju KM 47 memang menjadi titik padat volume kendaraan melintas, karena terdapat penyempitan lajur (bottleneck) dan antrean menuju tempat peristirahatan (rest area) KM 42.

Jasa Marga mengimbau seluruh pengguna jalan untuk berhati-hati dalam berkendara, mematuhi rambu-rambu dan mengikuti arahan petugas di lapangan.

Baca juga: Jasa Marga berlakukan contra flow km 47 Cikampek

Baca juga: Rekayasa lawan arus kembali dilakukan di Cipali-Cikampek


Sebelumnya, rekayasa lalu lintas serupa juga dilakukan Jasa Marga di ruas jalan yang sama pada Kamis (21/6) sebelum diperpanjang menjadi sepanjang 18 km dari KM 52 hingga KM 35.

Sementara itu, dari pantauan Antara dari Rest Area KM 57 hingga Simpang Susun Cikampek lalu lintas kendaraan relatif lancar. Sedangkan dari Simpang Susun Cikampek ke arah Jakarta juga relatif lancar namun padat menjelang Rest Area KM 62.

Baca juga: Kereta tambahan Lebaran disiagakan hingga 26 Juni

Baca juga: 32.000-an penumpang ke Jakarta melalui Terminal Kalideres

Pewarta: Citro Atmoko
Editor: Gilang Galiartha
Copyright © ANTARA 2018