Jakarta (ANTARA News) - Pabrikan mobil premium asal Swedia, Volvo Cars, meluncurkan sedan sedan sport berukuran menengah Volvo S60 bertepatan dengan peresmian pabrik perakitan pertama mereka di Charleston, Carolina Selatan, Amerika Serikat pada pekan ini.

Sedan S60 merupakan kendaraan Volvo pertama yang dibuat langsung di AS.
 
"S60 baru adalah salah satu mobil Volvo paling mengasyikkan yang pernah kami buat," kata Chief Executive Volvo Cars Hakan Samuelsson dikutip dari laman resmi perusahaan.

"Ini adalah mobil untuk pengemudi sejati yang memberikan kami posisi kuat di pasar sedan AS dan China, menciptakan lebih banyak peluang bagi Volvo Cars untuk tumbuh," katanya.
 
S60 merupakan mobil Volvo pertama yang dijual tanpa versi diesel untuk menunjukkan komitmen perusahaan dalam menggarap mobil ramah emisi, serta menuju pengembangan industri mobil listrik.

Baca juga: 10 fitur canggih mobil keluaran 2018

Pada 2017, Volvo Cars merupakan pembuat mobil global pertama yang mengumumkan strategi bahwa mulai 2019 semua model baru akan menggunakan konsep listrik.

Dua mesin plug-in hibrida turbo-charged dan super-charged akan tersedia pada Volvo S60 terbaru, yang dilengkapi Volvo T6 Twin Engine AWD plug-in hybrid yang menghasilkan 340hp secara gabungan, dan hibrida plug-in T8 Twin Engine AWD yang menghasilkan 400hp.

Mobil yang baru tersedia di pasar Amerika ini menggunakan platform Scalable Product Architecture (SPA) milik Volvo Cars, teknologi Autobrake membantu pengemudi dalam menghindari tabrakan, sistem pilot opsional dan perangkat hiburan yang kompatibel dengan Apple CarPlay maupun Android.

Baca juga: Komponen mesin Volvo hybrid akan disuplai perusahaan Italia
Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2018