Jakarta (ANTARA News) - Jepang lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2018 meskipun dikalahkan Polandia 0-1 pada pertandingan terakhir Grup H di Volgograd Arena, Rusia, Kamis.

Pasukan Akira Nisihino itu menjadi satu-satunya tim asal Asia yang lolos ke 16 besar setelah wakil lainnya, Arab Saudi, Korea Selatan, Iran dan Australia telah angkat kaki dari Rusia.

Pada klasemen akhir grup H, Jepang menduduki urutan kedua di bawah Kolombia yang memuncaki grup seusai menekuk Senegal 1-0. Kedua tim lolos ke 16 besar.

Baca juga: Tidak ada tim Afrika di 16 besar Piala Dunia

Jepang dan Senegal memang memiliki nilai 4 dengan selisih gol yang sama. Namun Jepang berhak lolos berdasarkan perhitungan poin fair play dengan Senegal, perhitungan jumlah kartu kuning terminim.

Di babak 16 besar, Jepang akan berhadapan dengan juara Grup G antara Inggris atau Belgia.

Baca juga: Jepang ke 16 besar meski dikalahkan Polandia 0-1

Berikut rangakaian foto pertandingan Jepang melawan Polandia:
 
Bek Jepang Maya Yoshida (kiri) melompat dan menyundul bola dengan pemain depan Polandia Robert Lewandowski (kanan) pada pertandingan sepak bola Grup H Piala Dunia 2018 Rusia antara Jepang dan Polandia di Volgograd Arena di Volgograd (28 Juni 2018). (NICOLAS ASFOURI / AFP)
 
Bek Polandia Jan Bednarek (kiri dalam) mencetak gol pembuka pada pertandingan sepak bola Grup H Piala Dunia 2018 Rusia antara Jepang dan Polandia di Volgograd Arena di Volgograd (28 Juni 2018). (NICOLAS ASFOURI / AFP)
 
Penjaga gawang Jepang Eiji Kawashima melompat dan memblok bola untuk menyelantkan gawangnya pada pertandingan sepak bola Grup H Piala Dunia 2018 Rusia antara Jepang dan Polandia di Volgograd Arena di Volgograd (28 Juni 2018). (Philippe DESMAZES / AFP)
 
Bek Polandia Jan Bednarek (kiri) merayakan golnya dengan rekan setimnya setelah mencetak gol pembuka pada pertandingan sepak bola Grup H Piala Dunia 2018 Rusia antara Jepang dan Polandia di Volgograd Arena di Volgograd (28 Juni 2018). (Mark RALSTON / AFP)
 
Penjaga gawang Jepang Eiji Kawashima (kanan) menyapa seorang bayi dari kerumunan setelah peluit akhir pertandingan sepak bola Grup H Piala Dunia 2018 Rusia antara Jepang dan Polandia di Volgograd Arena di Volgograd (28 Juni 2018). (NICOLAS ASFOURI / AFP)

Pewarta: Alviansyah Pasaribu
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2018