Ini setara dengan 75 kelompok terbang...
Jakarta (ANTARA News) - Kepala Sub Direktorat Dokumen dan Perlengkapan Haji Kementerian Agama Nasrullah Jassam mengatakan saat ini visa bagi 29.000 lebih warga Indonesia yang hendak berhaji sudah terbit.

"Total 29.000 lebih visa jamaah haji Indonesia yang sudah keluar. Ini setara dengan 75 kelompok terbang," kata Nasrullah di Jakarta, Jumat.

Jamaah haji yang visanya yang sudah keluar, menurut dia, kebanyakan yang berangkat dalam kelompok-kelompok terbang awal.

Kementerian Agama, ia mengatakan, terus berkoordinasi dengan Kedutaan Besar Arab Saudi untuk mempercepat proses pengurusan visa dan sampai saat ini setiap hari rata-rata ada 8.000 visa yang diterbitkan.

Nasrullah berharap dalam dua pekan ini visa bagi seluruh calon jamaah haji Indonesia sudah terbit seluruhnya.

Ia menjelaskan jumlah paspor calon haji reguler yang sudah diserahkan Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi ke Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah mencapai 170.652 dan 161.700 di antaranya sudah diverikasi untuk proses permohonan visa.

Kelompok terbang pertama jamaah haji Indonesia di semua embarkasi akan mulai diterbangkan ke Arab Saudi pada 17 Juli 2018.

"Kami upayakan dan optimis kalau visa akan selesai sesuai target sehingga tidak ada masalah keterlambatan visa," demikian Nasrullah.

Baca juga: Jamaah haji kini tak perlu antre lama di bagian imigrasi bandara Saudi
Baca juga: Paspor dan koper jamaah haji ditandai warna tahun ini

 

Pewarta: Anom Prihantoro
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2018