Bogor (ANTARA News) - Agen pemegang merek mobil Honda di Indonesia, PT Honda Prospect Motor (HPM), menggelar klinik keselamatan berkendara bagi segenap konsumen dan komunitas pemilik mobil Honda di komplek Sirkuit Internasional Sentul, Bogor, Jawa Barat, Minggu.

Dalam pelatihan tersebut, peserta diajak untuk memahami pentingnya keselamatan berkendara dari aspek terkecil yakni perilaku sebelum memulai berkendara, hingga ketika kedua tangan menggenggam roda kemudi di atas aspal jalanan.

Selepas teori yang disampaikan, peserta diajak melakukan praktik langsung teknik berkendara yang mawas keselamatan berkendara di atas sejumlah konfigurasi lintasan.

Sebagian besar praktik dilakukan dalam konsep slalom dengan tingkat kerumitan lintasan yang berbeda, misalkan di sesi "Narrow Road" peserta diminta mempraktikkan teknik berkendara yang aman di jalanan sempit.

Peserta juga diajak mengenali teknik penggunaan fitur keselamatan Anti-Lock Braking System (ABS) atau teknologi pengereman yang tidak mengunci roda ketika dilakukan mendadak dan/atau keras.

Selain itu, peserta juga diajak merasakan berkendara yang aman di jalanan menggelincir dalam sesi "Slippery Road" yang dikonfigurasikan dengan memasang skid wheels di roda belakang mobil.

Baca juga: Gabungan lima komunitas gelar aksi simpatik pakai helm

Baca juga: Jarak Aman gulirkan festival keselamatan berkendara

Baca juga: Tiga faktor utama ban sebagai instrumen keselamatan berkendara


"Sejak 2013 Honda mengadopsi safety for everyone sebagai kampanye global menuju free collision society atau masyarakat tanpa kecelakaan berkendara," kata Asisten Manajer Humas HPM Yulian Karfili.

"Ini tidak hanya dilakukan di Indonesia tapi di negara-negara lain juga, untuk menanamkan pentingnya keselamatan berkendara," ujarnya menambahkan.

Di Indonesia klinik keselamatan berkendara yang diselenggarakan Honda kali ini menjadi bagian dari kampanye #AmanDiJalan yang dicanangkan sejak keikutsertaan pabrikan tersebut di pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018, medio April lalu.

Anjungan Honda di IIMS 2018 kali itu menampilkan "Safety Zone" yang menyajikan beragam fitur dan teknologi keselamatan yang ada di mobil-mobil Honda.

Baca juga: Honda kampanye keselamatan berkendara lewat "Interactive Safety Zone"

Baca juga: Honda bakal luncurkan mobil "world premier" di GIIAS 2018

Baca juga: Permintaan SUV diprediksi tetap tumbuh, meski pasar menunggu
Pewarta:
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2018