"Ini yang 'nangis' kenapa ya?"
Jakarta (ANTARA News) -  Presiden Joko Widodo (Jokowi)  menawarkan dua pilihan hadiah kepada anak-anak yang berkumpul di halaman Istana Merdeka dalam acara "Bermain, Berdendang, dan Berimajinasi Bersama Anak" di Jakarta, Jumat.

Pilihan hadiah itu ditawarkan kepada  anak-anak yang berhasil menjawab pertanyaan dari Presiden Joko Widodo. Mereka dapat memilih untuk memiliki boneka maskot Asian Games atau sepeda bertuliskan "hadiah dari Presiden Joko Widodo".

"Coba sekarang dikenalkan namanya dan sekolahnya di mana?" tanya Presiden kepada salah satu anak yang mengacungkan jari. Sekitar 200 orang anak dari berbagai sekolah duduk lesehan di karpet rumput di halaman Istana Merdeka.

"Nama saya Punta, sekolah di SD Muslimin," jawab anak yang mengenakan seragam batik sekolahnya dan peci biru.

"Coba jawab dua lagu anak?" tanya Presiden Jokowi.

"Balonku, Ular Naga," jawab Punta.

"Betul, pilih boneka atau sepeda?" tanya Presiden.

"Sepeda," jawab Punta.

"Ya sudah sana sepedanya diambil," balas Presiden.

Saat Punta mengambil sepeda dan ingin menaruh di dekat tempatnya duduk, ia tampak kesulitan.

"Loh ini kok sepedanya tidak ada standarnya? Ini bagaimana?" tanya Presiden Jokowi. Akhirnya sepeda itu pun "ditidurkan" dekat Punta duduk bersama dengan teman-temannya.

Pilihan yang sama juga disampaikan Presiden ke anak-anak lain yang berani menunjuk jari dan berhasil menjawab kuis dari Presiden. Berturut-turut anak-anak itu pun memilih sepeda.

Mereka adalah Salma dari SD Kreo 3 yang berhasil menjawab dua judul film anak-anak yaitu "Koki-koki cilik" dan "Kulari ke Pantai"; Breven dari SD Regina Caeli yang berhasil menyebut tiga nama permainan anak yaitu gobak sodor, congklak dan benteng, serta Jemima yang juga dari SD Regina Caeli yang berhasil menjawab tiga cabang olahraga yang dipertandingkan di Asian Games ke-18 yaitu bulu tangkis, renang dan silat.

Tapi Presiden Joko Widodo lalu melihat ada seorang anak yang menangis.

"Ini yang 'nangis' kenapa ya? Kenapa coba maju, maju, tadi tunjuk jari toh? Saya enggak lihat sih, mana, mana sekarang, ayo dikenalkan," bujuk Presiden kepada anak laki-laki itu.

"Namanya akar, tapi teman-teman biasa manggil saya bung," jawab Akar.

"Berarti biasa (dipanggi) bung Akar ya? Sekarang negara kita, negara besar, ada 17 ribu pulau sebutkan dua pulau? Akar bisa?" tanya Presiden Joko Widodo.

"Pulau Rinca," jawab Akar keras dan yakin. Pulau Rinca adalah salah satu pulau kecil yang ada di Nusa Tenggara Timur.

"Ya betul pulau Rinca, ada juga pulau besar lain di Indonesia," kata Presiden.

"Pulau Komodo," jawab Akar. Pulau Komodo pun berdekatan letaknya dengan Pulau Rinca.

"Pilih sepeda atau boneka?" tanya Presiden.

"Boneka," jawab Akar.

Akar pun mendapatkan boneka maskot Asian Games, karena hadiah dari Presiden pun tersisa boneka, maka anak-anak lain yang berhasil menjawab kuis Presiden pun diberikan boneka.


 

Pewarta: Desca Lidya Natalia
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2018