Tahun ini, sudah mulai dibangun pelabuhan marina di Kupang. Kami harapkan tahun depan sudah bisa digunakan
Kupang (ANTARA News) - Pembangunan marina sebagai tempat singgah kapal-kapal layar mewah (yacht) milik wisatawan mencanegara di Kupang, NTT, akan dimulai pada 2018, kata Wali Kota Kupang Jefri Riwu Kore.

"Tahun ini, sudah mulai dibangun pelabuhan marina di Kupang. Kami harapkan tahun depan sudah bisa digunakan," katanya kepada Antara di Kupang, Kamis.

Pembangunan marina di Kota Kupang itu sudah direncanakan sejak 2017.

Wali Kota menilai pembangunan marina di Kota Kupang menjadi penting mengingat saat ini banyak wisatawan yang menggunakan yacht berlabuh di pantai Kota Kupang.

"Apalagi tahun depan Sail Indonesia akan kembali diselenggarakan. Kota Kupang akan menyiapkan berbagai prasarana dan sarana yang salah satunya marina agar yacht-yacht itu bisa bersandar," katanya.

Ia menambahkan izin pembangunan marina saat ini sudah selesai.

Saat pengurusan izin pun, lanjutnya, tidak berbelit-belit dan langsung selesai.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata NTT Marius Ardu Jelamu kepada Antara mengatakan pembangunan marina itu sudah melalui kesepakatan dengan pemerintah kabupaten lainnya.

"Kami juga akan membangun marina di Maumere dan Alor, tetapi Kupang menjadi yang utama, karena Kupang adalah pintu masuk dari wisatawan mancanegara," tambahnya.

Oleh karena itu, ia mendorong Pemerintah Kota Kupang segera merealisasikan pembangunan marina tersebut, sehingga banyak yacht yang bisa bersandar di Kupang.

Baca juga: Menpar: pembangunan pelabuhan marina butuh Rp300 miliar

Baca juga: Dermaga Marina Wakatobi dapat menampung 300 kapal mewah

Pewarta: Kornelis Aloysius Ileama Kaha
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2018