SMN Yogyakarta diminta eksplorasi budaya Kalteng

id siswa mengenal nusantara 2018

Arsip - Peserta Siswa Mengenal Nusantara (SMN) melakukan simulasi pemadaman kebakaran saat berkunjung di Markas Pertolongan Kecelakaan Penerbangan dan Pemadam Kebakaran (PKP-PK) Bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang, Sabtu (11/8/2018). Program SMN Provinsi Sumsel yang digelar oleh Angkasa Pura II cabang Bandara SMB II Palembang dan Indofarma ini memberikan kesempatan para peserta terpilih untuk tahu lebih banyak tentang BUMN lewat kunjungan lapangan. (ANTARA FOTO/Feny Selly)

Yogyakarta, (ANTARA News) - PT Angkasa Pura 1 meminta 23 peserta Siswa Mengenal Nusantara 2018 asal Daerah Istimewa Yogyakarta memanfaatkan kesempatan program pertukaran pelajar itu untuk mengeksplorasi potensi budaya dan pariwisata yang ada di Palangkaraya, Kalimantan Tengah.

"Saat tiba di Kalimantan Tengah (Kalteng) jangan terpancing untuk main-main saja, tetapi galilah sebanyak-banyaknya potensi yang ada di sana," kata Direktur SDM dan Umum PT Angkasa Pura (AP) I Adi Nugroho saat acara Pembukaan dan Serah Terima Program Siswa Mengenal Nusantara DIY dan Kalteng di Yogyakarta, Sabtu malam.

Menurut dia, dengan kesungguhan mengikuti program SMN 2018 ada banyak ilmu dan wawasan baru yang dapat dipelajari saat berada di Kalteng. Selain semakin memperkuat rasa cinta terhadap Tanah Air, wawasan baru tersebut juga dapat dimodifikasi dan diterapkan di Yogyakarta.

Adi mengatakan selain belajar dan menggali berbagai potensi di Kalteng, para peserta SMN asal Yogyakarta juga diharapkan mampu menyebarluaskan beragam potensi budaya dan pariwisata Yogyakarta kepada masyarakat di Kalteng.

"Sampaikan semaksimal mungkin tentang Yogyakarta sebagai kota budaya, kota pelajar, dan kota pariwisata di Kalteng," kata dia.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga (Disdikpora) DIY Tri Widiatmoko mengapresiasi program SMN 2018. Menurut dia, program itu efektif untuk mendorong para siswa berwawasan global, tidak hanya terbatas di daerahnya sendiri.

Tri juga berharap para peserta SMN asal Yogyakarta bisa menempatkan diri sebagai tamu yang baik saat berada di Kalteng dengan mempelajari budaya setempat. "Sebaliknya bagi peserta SMN 2018 asal Kalteng dipersilakan untuk mengenali kekayaan budaya dan pariwisata di Yogyakarta," kata dia.

Siswa Mengenal Nusantara (SMN) merupakan bagian dari program BUMN Hadir untuk Negeri yang tujuannnya untuk menanamkan rasa bangga dan cinta Tanah Air sejak dini kepada siswa SMA/SMK/SLB.

Di Yogyakarta SMN digelar PT Angkasa Pura (AP) I selaku penanggung jawab bersama tiga BUMN lainnya, yakni PT Garuda Indonesia, PT Indonesia Re, dan PT Kliring Berjangka Indonesia.

Sebanyak 23 peserta SMN Yogyakarta akan diberangkatkan ke Kalimantan Tengah untuk mengikuti pertukaran pelajar antarprovinsi pada Minggu (12/8) pagi. Mereka akan mempelajari beragam potensi budaya yang ada di Kalteng selama sepekan.

Sedangkan peserta SMN asal Kalimantan Tengah telah tiba di Yogyakarta pada Sabtu (11/8) siang. Program SMN di Kalimantan Tengah diselenggarakan oleh PT Danareksa, bersama PT Asuransi Kredit Indonesia (Askrindo).*

Baca juga: Peserta SMN sumut belajar anyam noken

Baca juga: Dirut Semen Tonasa motivasi siswa mengenal nusantara

Baca juga: SMN asal Papua diajarkan komunikasi efektif

Pewarta : Luqman Hakim
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © ANTARA

Komentar