Peserta SMN NTT kunjungi SMA IX Manado

id siswa mengenal nusantara 2018

Arsip - Peserta Siswa Mengenal Nusantara (SMN) 2018 asal Nusa Tenggara Timur (NTT) melihat sejumlah foto di Museum PLTA Tonsea, Minahasa, Sulawesi Utara, Rabu (8/8/2018). Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Tonsea Lama berkapasitas 40 MW tersebut, merupakan PLTA pertama dan tertua di Indonesia yang dibangun pada 1912 dan masih beroperasi hingga saat ini. (ANTARA FOTO/Adwit B Pramono)

Manado, (ANTARA News) - 25 peserta Siswa Mengenal Nusantara (SMN) Nusa Tenggara Timur (NTT) , belajar dan saling bertukar informasi prestasi serta perkembangan OSIS dengan SMA Negeri IX Manado, Sulawesi Utara(Sulut).

"SMA negeri IX Binsus Manado, merupakan salah satu sekolah rujukan di Sulut, yang memiliki banyak prestasi," kata Kepala Sekolah Negeri Manado, Meidy Tungkagi, di Manado, Senin.

Dia mengatakan, SMA Negeri IX Manado, mencetak prestasi dalam berbagai bidang mulai dari akademik sampai non akademik baik tingkat lokal hingga tingkat dunia, dan mengikuti pertukaran siswa sampai ke Amerika Serikat, dan diperhitungkan di Sulawesi Utara.

Ketua OSIS SMA Negeri IX Manado, Olivia Puput, mengatakan, ada banyak program yang sudah dirancangkan oleh pengurus yang ada sekarang untuk dilaksanakan selama satu tahun kedepan.

Peserta SMN Elfridus Bria mengatakan sekolahnya SMA Negeri I Malaka, merupakan salah satu yang memiliki prestasi banyak di daerahnya, bahkan mencetak prestasi sampai ke tingkat internasinal, karena ikut perlombaan sampai ke Australia sehingga termasuk sekolah favorit.

"Sekolah kami juga adalah rujukan di NTT dan dikenal dimana-mana sebagai salah satu lembaga pendidikan dengan prestasi yang baik," katanya.

Dia juga bertanya tentang cara pemilihan pengurus OSIS apakah melakukannya secara demokrasi dan menghasilkan pengurus terbaru atau tidak.

Demikian juga, Juliana Bean, bertukar informasi dan minta kiat-kiat dari pengurus OSIS SMA Negeri IX, bagaimana caranya agar bisa terpilih sebagai ketua dan bagaimana menyampaikan visi dan misi agar dapat jadi pengurus.?

Asisten Manajer SDM dan Humas PLN Suluttenggo, Jantje Rau, mengatakan, SMA IX menjadi salah stau pilihan belajar dan bertukar informasi dengan peserta SMN karena memiliki prestasi yang banyak.

"Kegiatan SMN, katanya, sebagai program dari BUMN hadir untuk negeri dimana para siswa NTT ditukar dengan Sulawesi Utara, diharapkan membawa banyak hal positif supaya makin mengenal budaya daerah lain dan memperkokoh NKRI," katanya. *

Baca juga: Peserta SMN Jatim meriahkan HUT Angkasa Pura II

Baca juga: Peserta SMN sumut belajar anyam noken

Pewarta : Joyce Hestyawatie B
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © ANTARA

Komentar