Rejang Lebong (ANTARA News) - Anggota sejumlah organisasi kepemudaah membentangkan bendera Merah Putih berukuran raksasa di Gunung Api Bukit Kaba, Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, Jumat pagi.

Dalam upacara peringatan Hari Kemerdekaan yang diikuti ribuan pendaki itu, 73 orang dari berbagai organisasi kepemudaan dan pecinta alam di Provinsi Bengkulu membentangkan bendera berukuran 45x17 meter.

Ketua panitia kegiatan, Mahmud Yunus, usai acara mengatakan bendera itu dibawa ke puncak pada pagi hari sebelum pelaksanaan peringatan detik-detik Proklamasi.

Pembentangan bendera Merah Putih dilaksanakan mulai pukul 09.00 WIB, ketika para pemuda menghamparkan bendera sampai ke bawah Bukit Gajah, yang merupakan bagian Gunung Api Bukit Kaba, diiringi nyanyian lagu Indonesia Raya.

Para peserta upacara yang berada di bagian bawah, di kawasan danau Bukit Kaba, ikut menyanyikan lagu kebangsaan sembari memandang ke arah bendera raksasa yang terbentang di Bukit Gajah.

"Pengibaran bendera raksasa ini sudah mereka rencanakan sejak satu bulan lalu, kegiatan ini kami harapkan bisa membangkitkan semangat para pemuda di Bengkulu dalam mengisi pembangunan daerah sehingga Bengkulu akan lebih maju," ujarnya.

Mereka memilih Bukit Kaba sebagai lokasi kegiatan karena setiap tahunnya banyak pemuda Bengkulu yang berkumpul di sana guna memperingati HUT Kemerdekaan RI.

Baca juga:
Merah Putih terbentang di akuarium Sea World Ancol
Di Mataram, bendera berkibar tanpa upacara

 

Pewarta: Nur Muhamad
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2018