Jakarta (ANTARA News) - Presiden Joko Widodo mengapresiasi raihan medali emas dari cabang wushu di nomor Taijiquan dan Taijijian putri melalui atlet Lindswell Kwok dan diharapkan cabang lain mengikuti capain tersebut.

"Saya datang ke sini memberikan semangat setelah kemarin di cabang Taekwondo yang memperoleh emas. Pagi ini Lindswell meraih emas, semangat ini perlu kita dorong terus," kata Presiden usai menyaksikan pertandingan di JIExpo, Kemayoran, Jakarta, Senin.
Atlet wushu Indonesia Lindswell (tengah) menerima ucapan selamat dari Presiden Joko Widodo (kanan) dan Ketua Umum PB Wushu Indonesia Airlangga Hartarto (kiri) usai menyelesaikan nomor Taijijian Putri Wushu Asian Games 2018 di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Senin (20/8/2018). (ANTARA FOTO/INASGOC/Akbar Nugroho Gumay)


Dia menilai skor yang diraih Lindswell tersebut mendekati sempurna yaitu untuk Taijiquan dan Taijijian masing-masing memperoleh 9.75.

Menurut dia apabila tren perolehan medali emas terus terjaga maka target 10 besar di Asian Games 2018 bisa terlampaui.

"Belum tentu 10 besar, bisa saja kita masuk delapan besar," ujarnya.

Jokowi mengatakan dirinya tidak bisa hadir di setiap pertandingan final yang diikuti atlet Indonesia namun kalau ada waktu kosong, dirinya pasti hadir.

Dia mengatakan dirinya tidak harus datang di tiap pertandingan yang akan menyumbang emas karena di pertandingan apapun akan hadir apabila ada waktu.

"Nanti sore saya ada pertemuan dengan Perdana Menteri Korea Selatan. Saya datang tidak harus di pertandingan yang dapat emas sehingga akan mengatur waktu, se-ketat mungkin agar bisa datang di setiap pertandingan," ujarnya.

Dia memberikan semangat kepada para atlet Indonesia yang berlaga di Asian Games 2018 untuk tetap fokus dan tidak mengendurkan semangat untuk mencapai hasil maksimal.

Pewushu asal Indonesia Lindswell Kwok meraih medali emas untuk nomor Taijiquan-Taijijian putri setelah menang angka dari para pesaingnya.

Dalam nomor Taijiquan-Taijijian putri, Lindswell memperoleh poin 19.50, dengan rincian untuk Taijiquan dan Taijijian masing-masing mendapatkan poin 9.75.

Baca juga: Lindswell tidak tahu Jokowi turut saksikan pertandingan

Baca juga: Pewushu Lindswell raih emas untuk Indonesia

Baca juga: Presiden Jokowi hadiri partai final Taijiquan

Pewarta: Imam Budilaksono
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2018