Kita berdoa saja agar ibadah mereka dilancarkan di sana, sebab ini merupakan puncak pelaksanaan ibadah haji,
Banjarmasin, (ANTARA News) - Kepala Kanwil Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Selatan H Noor Fahmi menyatakan, para calon haji Embarkasi Banjarmasin, Kalimantan Selatan, dilaporkan dalam keadaan aman saat terjadi badai di padang Arafah, Arab Saudi.

"Memang dikabarkan ada terjadi badai di wilayah Arafah pada Minggu malam (19/8) waktu setempat, dari laporan petugas haji kita di sana, kondisi para jamaah kita dinyatakan aman," ujarnya di Banjarmasin, Senin.

Menurut Noor Fahmi, badai di sertai hujan terjadi di padang Arafah di mana semua Calhaj seluruh dunia saat ini berkumpul hendak menunaikan ibadah wukuf, sebagian tenda dinyatakan roboh.

"Laporannya para Calhaj kita tidak ada yang cedera dalam peristiwa itu, meski mungkin ada tenda yang roboh, untungnya badai tidak berlangsung lama," tuturnya.

Dia mengharapkan, para keluarga di daerah tidak perlu khawatir berlebihan atas terjadinya peristiwa ini, sebab kondisi para Calhaj dinyatakan baik-baik saja.

"Kita berdoa saja agar ibadah mereka dilancarkan di sana, sebab ini merupakan puncak pelaksanaan ibadah haji," terang Noor Fahmi.

Diungkapkan dia, para Calhaj Kalsel dinyatakan sudah berada di padang Arafah saat ini, bahkan kondisi mereka rata-rata sehat.

"Jadi, tidak ada laporan kepada kita ada Calhaj yang mengalami sakit mengkhawatirkan, intinya mereka baik-baik saja," tegasnya.

Sebagaimana diketahui, Calhaj Kalsel yang saat ini berada di Mekkah sebanyak 3.885 orang, termasuk para petugas haji.

Menurut Noor Fahmi, yang tercatat sebagai haji reguler yang telah meninggal dunia di tanah suci Mekkah untuk Calhaj Kalsel masih satu orang.

"Kita doakan bersama semua tetap sehat, lancar menjalankan ibadah, dan pulang dengan membawa haji yang mabrur," ujarnya.*

 


Baca juga: Laporan dari Mekkah - Panpel: WNI selamat usai angin kencang arafah

Baca juga: Badan meteorologi Arab Saudi peringatkan kemungkinan banjir di Makkah


 

Pewarta: Sukarli
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2018