Jakarta (ANTARA News) - Umat muslim di seluruh dunia tengah menyambut hari raya Idul Adha 1439 H, termasuk salah satunya aktris Zaskia Adya Mecca. Istri dari Hanung Bramantyo tersebut mengaku sudah menyiapkan hewan kurban untuk disembelih pada perayaan Idul Adha tahun ini.

"Tradisi udah empat tahun terakhir mas Hanung selalu motong qurbannya sendiri, terus ajak anak-anak lihat juga," ujar Zaskia Adya Mecca saat dihubungi oleh ANTARA.

Bagi Zaskia Adya Mecca, kurban bukan hanya sekadar menyembelih hewan saja. Lebih dari itu, kurban memiliki makna yang jauh lebih dalam yang terkadang sering dilupakan orang.

"Sebetulnya makna kurban nggak cuma beli hewan, terus dipotong lalu dibagi-bagi, tapi kembali lagi ke kurban jaman nabi Ibrahim, bagaimana nabi Ibrahim mau mengorbankan anaknya karena Allah," lanjut Zaskia Adya Mecca.

Baca juga: Zaskia Mecca bawa kelambu nyamuk ke tempat syuting

Dirinya pun mengingatkan kepada sesama agar berkurban dengan ikhlas karena Allah SWT, bukan karena hanya merasa mampu dan memiliki uang untuk membeli hewan kurban.

"Pengorbanan itu yang sebenarnya lebih berat, lebih besar dan maknanya lebih dalam daripada sekarang sekadar beli hewan karena kita sanggup punya uang, terus kita ngerasa udah berkurban. Jangan sampai terjebak dengan hal itu," tutupnya.

Baca juga: Alasan Zaskia-Hanung enggan pilih nama anak kebarat-baratan

Pewarta: Yogi Rachman
Editor: Monalisa
Copyright © ANTARA 2018