Jakarta (ANTARA News) - Pada 4 September 2018 browser Chrome tepat berusia 10 tahun, dan Google membuat perubahan besar dalam perayaan ulang tahunnya itu, layaknya anak yang menginjak usia dua digit, banyak perubahan.

Ellie Powers dan Chris Beckman, dari Chrome Product, Management Desktop Lead, Google, berbagi mengenai pembaruan besar yang dibuat Google untuk Chrome saat ini. Berikut rangkuman perubahan besar pada Chrome seperti diungkapkan Ellie Powers dan Chris Beckman di blog resmi Google Chrome, Rabu:

1. Pertama, Chrome punya tampilan baru. Anda bisa melihatnya pada semua platform—desktop, Android, dan iOS—di mana logo Chrome lebih bundar, ikon baru dan palet warna baru.

Pembaruan ini membuatnya terlihat lebih simpel dan akan mendorong produktivitas penggunanya. Google mengubah bentuk tab Chrome sehingga ikon situs web lebih mudah dilihat, yang mempermudah navigasi di banyak tab.

Di perangkat mobile, Google juga membuat sejumlah perubahan dan membantu penjelajahan internet lebih cepat, termasuk pemindahan bilah (toolbar) ke bagian bawah di iOS, sehingga mudah dijangkau. Perintah, menu, dan bahkan URL di address bar disederhanakan.

2. Pada Chrome baru, pengguna akan lebih mudah dalam memesan keperluan perjalanan (travelling), membuat janji, berbelanja, dan bekerja melalui daftar hal-hal yang harus dilakukan di banyak situs sekaligus.

Google memastikan Anda bisa melakukan semua hal itu dengan mudah dan aman. Sekarang, Chrome bisa lebih akurat mengisi kata sandi (passwords), alamat, dan nomor kartu kredit Anda, sehingga Anda mudah melewati formulir pemeriksaan online (online checkout forms). Semua informasi ini disimpan ke akun Google Anda, dan dapat diakses langsung dari toolbar Chrome.

Cara Chrome menangani kata sandi juga meningkat signifikan. Tetap aman di web berarti menggunakan kata sandi yang kuat dan unik untuk setiap situs yang berbeda. Tiba saatnya membuat kata sandi baru, Chrome sekarang akan membuatkan satu untuk Anda (jadi Anda tidak menggunakan nama anak anjing Anda untuk semua kata sandi Anda lagi).

Chrome akan menyimpannya, dan kali berikutnya Anda masuk, itu akan ada di sana, di laptop dan ponsel Anda.

3. Google sekarang sudah menyatukan antara search bar dan address bar (kotak alamat situs dan pencarian) menjadi satu. Google menamai kotak itu “Omnibox”, dan membuat Anda menemukan hasil pencarian secepat mungkin.

Google mengklaim ini lebih nyaman digunakan. Chrome akan menunjukkan jawaban langsung di bilah (bar) alamat tanpa harus membuka tab baru—mulai dari soal figur publik atau event olahraga hingga jawaban instan misal soal cuaca lokal via weather.com atau terjemahan sebuah kata.

Ketika Anda mencari sebuah website di Omnibox, Chrome akan memberitahu bahwa itu sudah terbuka dan membiarkan Anda langsung berpindah ke sana dengan “Switch to tab." Anda juga dapat mencari file di Google Drive langsung di Omnibox Anda.

4. Semua orang menggunakan chrome dengan caranya sendiri, jadi Google mempermudah personalisasi. Sekarang Anda dapat membuat dan mengelola pintasan (shortcuts) ke situs web favorit Anda langsung dari halaman tab baru—cukup buka tab baru dan “Add shortcut”.

Anda juga bisa mengatur background browser sesuai keinginan, dengan foto hewan peliharaan atau yang lain.

5. Chrome juga sudah dilengkapi fitur blokir iklan untuk meningkatkan kenyamanan dan keamanan, termasuk mengarahkan web ke HTTPS agar pengguna tetap aman saat online. Google juga sudah meluncurkan isolasi situs yang memberikan pertahanan lebih terhadap berbagai jenis serangan termasuk Specter, serta membawa penjelajahan VR dan AR ke Chrome.

Dan sekarang Google meluncurkan satu set eksperimen baru untuk meningkatkan waktu startup Chrome, latensi, dan penggunaan memori.

Untuk komunitas pengembang Chrome, The Chromium Projects, Google telah meluncurkan beberapa pembaruan, mulai dari fitur CSS baru hingga peningkatan kemampuan pelacakan kinerja.

Pewarta: Suryanto
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2018