Jayapura, Papua (ANTARA News) - Ketua umum Partai Berkarya, Hutomo Mandala Putra atau Tommy Soeharto, menjanjikan Provinsi Papua menjadi lumbung pangan selain daerah lainnya di Indonesia.

"Saya memilih Papua karena tantangannya sangat besar disini dan kita ingin Papua lebih maju lagi, menjadi lebih baik dari provinsi lain dan menjadi lumbung pangan nasional," katanya, di sela-sela pelantikan Bapilu dan pengukuhan kader Partai Berkarya se-Provinsi Papua, di Jayapura, Jumat.

Yang dimaksud dengan menjadikan Papua sebagai lumbung pangan, menurut dia,  yang didampingi Ketua DPW Partai Berkarya Papua, Berthus Kogoya, upaya yang akan dilakukan adalah dengan mendorong dan memberdayakan rakyat yang ada di provinsi paling timur Indonesia itu dalam sektor pertanian, perikanan, peternakan dan perkebunan serta UMKM.

Menurut putra bungsu dari Presiden Suharto itu, seharusnya Papua lebih maju lagi dari daerah lainnya di Indonesia karena memiliki otonomi khusus. Apalagi para pemimpinnya adalah orang asli Papua namun kenyataannya belum maksimal sehingga kesejahteraan rakyatnya masih jauh dari yang diharapkan.

"Ini pasti ada yang salah, ini yang akan saya perjuangkan dengan mengembangkan ekonomi kerakyatan, yang tentunya menyesuaikan dengan kearifan lokal dan karakter daerah masing-masing, kesejahteraan rakyat Papua yang penting dan utama," katanya.

Berbicara mengenai target pada daerah pemilihan Papua, baik di tingkat pusat, provinsi dan kabupaten/kota, adik dari Siti Hardiyanti Astuti Rukmana itu mengatakan sebanyak 10 persen.

"Atau satu kursi untuk tingkat pusat dan satu fraksi untuk tingkat provinsi dan kabupaten/kota yang ada di Papua. Partai Berkarya juga menargetkan satu kursi dari 80-an dapil yang ada di Nusantara," kata mantan pereli nasional itu.

Guna mewujudkan itu, kata dia, Partai Berkarya telah menginstruksikan kepada seluruh kader partai untuk bekerja keras, kerja cerdas merebut simpati dan suara rakyat dengan menjaga marwah partai.

"Tentunya disaat bersamaan tetap menghormati pihak lain dan menjunjung tinggi semangat persatuan dan kesatuan demi terjaganya bumi Papua yang damai dan sentosa," katanya.

Pada pertengahan Juli lalu, publik Papua dan pada umumnya dikejutkan dengan pemberitaan, Tommy Soeharto maju dalam Pemilu Legislatif 2019 dari daerah pemilihan Papua sebagaimana disampaikan Sekretaris Jenderal DPP Partai Berkarya, Priyo Santoso.

Pewarta: Alfian Rumagit
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2018