Gempa 3,4 SR guncang Aceh Singkil

id gempa aceh

Arsip. Petugas menunjukkan layar prakiraan cuaca di Kantor Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kabupaten Nagan Raya, Aceh, Selasa (31/7/2018). BMKG setempat mengimbau masyarakat dalam sepekan kedepan untuk waspada terhadap angin kencang disertai hujan dengan intensitas sedang dan lebat pada pagi dan malam hari terutama di Kabupaten Aceh Jaya, Aceh Barat, Nagan Raya, Simeulue, Aceh Selatan dan Aceh Singkil. (ANTARA FOTO/Syifa Yulinnas)

Banda Aceh (ANTARA News) - Gempa tektonik dengan kekuatan 3,4 Skala Richter (SR) mengguncang wilayah Aceh Singkil, Provinsi Nangroe Aceh Darussalam, Minggu, tepat pada pukul 18.39 WIB.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Geofisika Mata I`e di Aceh Besar menyebutkan titik episentrum atau pusat gempa berada di 2,34 Lintang Utara, dan 97,43 Bujur Timur.

Gempa tersebut terjadi di laut dengan jarak sekitar 49 kilometer (km) arah Barat Daya Kabupaten Aceh Singkil, Aceh, dan memiliki kedalaman 60 kilometer. Belum ada laporan gempa akan memicu tsunami.

Seperti diketahui, Aceh merupakan salah satu provinsi memiliki intensitas gempanya yang tinggi di Indonesia, karena berada di bentangan Patahan Semangko atau Sesar Sumatera.

Yakni patahan gempa sepanjang 1.900 kilometer terbentang dari Aceh hingga Teluk Semangko di Provinsi Lampung. Aceh juga berada di dekat pertemuan lempeng Eurasia dan Indo-Australia.

Baca juga: Tsunami, anatomi dan kapan itu terjadi

Baca juga: Gempa 4,5 SR guncang Pidie Aceh

 

Pewarta : Muhammad Said
Editor: Virna P Setyorini
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar