Cirebon (ANTARA News) - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengerahkan helikopter water bombing untuk memadamkan kebakaran yang melanda kawasan hutan Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC) di Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, yang belum berhasil dipadamkan.

"BNPB menurunkan helikopter type mi 8 water bombing yang berkapasitas 4.000 liter untuk pembasahan area yang sudah terbakar," kata Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kuningan, Agus Mauludin di Kuningan, Jawa Barat, Sabtu.

Ia mengatakan helikopter type mi 8 water bombing itu membasahi area yang sudah terbakar tepatnya di bawah Gunung Dulang sebanyak 12 kali.

Menurut dia, saat ini kebakaran yang melanda kawasan Taman Nasional Gunung Ciremai diperkirakan sudah menghanguskan seluas 1.310 hektare (ha) dan juga membakar kawasan Kebun Raya Kuningan seluas 19 ha.

Kebakaran kawasan TNGC terjadi sejak 30 September 2018 dan sampai 13 Oktober 2018 belum juga dapat dipadamkan.

Agus menambahkan kendala yang dihadapi oleh tim gabungan yaitu kondisi medan yang berbukit dengan dominasi tumbuhan alang-alang dan perdu yang mengering.

"Selain itu juga arah angin yang berubah-ubah, jadi menyulitkan dalam memadamkan api," katanya.

Baca juga: Ada kepulan asap di lereng Ceremai, diduga kebakaran

Baca juga: Pendakian Gunung Ciremai Ditutup Sementara

 

Pewarta: Khaerul Izan
Editor: Virna P Setyorini
Copyright © ANTARA 2018